GUYUB: Pelatih Persebaya U-19 Bejo Sugiantoro (tengah) saat diperkenalkan Presiden Klub Azrul Ananda dan manajer Chairul Basalamah beberapa waktu lalu. (Persebaya)
Persebaya U-19 Seleksi 80 Pemain Kompetisi Internal

SALAH satu agenda besar yang menanti Persebaya Surabaya adalah gelaran Liga 1 U-19 2018. Untuk membentuk tim yang mumpuni, Persebaya menggeber seleksi pertama pada 1-3 Februari. Agenda ini diikuti sekitar 80 pemain muda dari kompetisi internal Persebaya.

Menjadi kontestan Liga 1 2018, Persebaya yang merupakan tim promosi dari Liga 2 2017 turut mengikuti kompetisi usia muda di bawah komando PSSI. Musim 2018 Liga 1 U-19 adalah edisi kedelapan dari sistem liga di Indonesia sejak diperkenalkan pada tahun 2008 silam.

Tim asal Kota Pahlawan ini menunjukkan keseriusannya dalam menyongsong agenda tersebut. Di bawah komando Bejo Sugiantoro, Persebaya U-19 mulai berburu pemain.

"Kami ada beberapa tahap untuk membentuk skuad yang tangguh bagi Persebaya U-19. Pada tahap pertama nanti khusus pemain-pemain hasil kompetisi internal. Tercatat ada sekitar 80 pemain, 8 diantaranya berposisi kiper," kata Bejo.

Program ini digeber di Lapangan Persebaya, Karanggayam besok siang. Tepatnya mulai jam 13.00 WIB. Peserta seleksi harus kelahiran 1 Januari 1999 hingga 1 Januari 2001. "Klub-klub internal mengirimkan pemain-pemain terbaiknya. Para pemain dari seleksi pertama ini mengikuti program kami sampai hari Sabtu (3/1) mendatang," jelas Bejo.

Mantan pemain Persebaya dan timnas Indonesia menegaskan bakal seteliti mungkin dalam memilih pemain. Tim seleksi juga bekerja keras memantau kualitas pemain. "Kami juga memaksimalkan informasi track record pemain selama ini untuk juga jadi pertimbangan," urai Bejo.

Perlu diketahui, kompetisi yang semula dikategorikan ke dalam usia di bawah 21 tahun (U-21) diubah menjadi U-19. Juara pada kompetisi musim 2017 adalah Persipura Jayapura. Pada babak final, tim Mutiara Hitam mengandaskan perlawanan Persib Bandung dengan skor 1-0 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi. (*)

BERITA LAINNYA