JUARA: Persebaya berhasil menjadi juara Liga 2 setelah mengalahkan PSMS Medan dengan skor 3-2 pada partai final di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, kemarin (28/11). (Foto: Angger Bondan/Jawa Pos)
FULL TIME: Persebaya Juara Liga 2

GELAR juara Liga 2 musim 2017 menjadi milik Persebaya Surabaya. Prestasi ini diperoleh Persebaya setelah melewati babak perpanjangan waktu. Persebaya sukses mengatasi perlawanan PSMS Medan pada partai final Liga 2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (28/11) malam.

Pada babak pertama, kedua tim harus puas bermain imbang 2-2. Dua gol Persebaya dipersembahkan oleh Rishadi Fauzi ketika laga berjalan dua menit. Serta Irfan Jaya lewat tendangan keras setelah eksekusi penaltinya dihentikan oleh Abdul Rohim pada menit 40.

Sementara dua gol PSMS dipersembahkan melalui situasi bola mati. Ya, gol pertama tim berjuluk Ayam Kinantan diceploskan oleh I Made Adi Wirahadi melalui tendangan penalti. Kemudian giliran Roni Fatahillah dengan tendangan bebasnya yang sempat membentur pemain Persebaya.

Usai turun minum, dengan skor sementara 2-2, PSMS dan Persebaya tampil lebih keras. Berkali-kali wasit harus merogoh kartu dari sakunya. Beberapa kali peluang juga tercipta, tapi tak ada yang benar-benar mengancam. Hingga ketika wasit Hadiyana dari Bekasi meniup peluit berakhirnya babak kedua tiada gol tambahan tercipta.

Kedua tim harus puas bermain imbang 2-2. Hasil ini membuat laga dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu. Pada masa tambahan waktu inilah Green Force akhirnya mengunci kemenangan.

Irfan tampil sebagai pahlawan pembawa kemenangan untuk tim pujaan Bonek ini. Belum genap dua menit perpanjangan waktu bergulir, Irfan mengonversi umpan dari Ricky Kayame lewat sebuah sepakan ke sisi kiri gawang yang mengecoh kiper Abdul Rohim. Kedudukan berubah menjadi 2-3 untuk Persebaya.

Irfan hampir mencetak hat-trick jika tendangannya tak ditepis penjaga gawang PSMS pada menit ke-99. Tersentak dengan sengatan serangan Persebaya, membuat PSMS mencoba membalas. I Made Wirahadi mendapat peluang emas pada menit ke-117, beruntung tendangannya dari jarak dekat melenceng jauh.

Sampai babak kedua tambahan waktu berakhir, tak ada gol tambahan tercipta sehingga skor 3-2 untuk keunggulan Persebaya bertahan. (*)

 

TERBAIK: Winger mungil Persebaya Surabaya Irfan Jaya (dua dari kiri) terpilih menjadi pemain terbaik pada ajang Liga musim 2017. Dia berhak atas trofi dan uang pembinaan sebesar RP 100 juta. (Foto: Angger Bondan/Jawa Pos)


BERITA LAINNYA