Alfan Suaib mendapat pengawalan ketat oleh pemain Barito Putera U-20. (Persebaya)
Babak 8 Besar EPA U-20

Gol Indah Alfan Buka Pesta Gol Persebaya atas Barito Putera

Persebaya Surabaya tampil meyakinkan di pertandingan perdana Grup B Babak 8 Besar Elit Pro Akademi U-20. Itu setelah The Young Green Force secara meyakinkan memetik kemenangan penuh 3-0 (1-0) atas tim tamu Barito Putera di Lapangan Brigif 2 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Sabtu (27/1) sore tadi.

Pesta gol Persebaya masing-masing diborong oleh Alfan Suaib saat pertandingan babak pertama memasuki masa injury time (45+1), kemudian di babak kedua Persebaya menambah dua gol oleh Afizal Danilo (49’) dan Andri Maulana (63’). “Alhamdulilah, kemenangan ini membuat kami semakin percaya diri di laga berikutnya,” kata Sony Setiawan, pelatih Persebaya U-20 setelah laga. 

Tampil di depan ratuasan pendukung yang hadir secara langsung, tim besutan Sony Setiawan itu tampil penuh percaya diri sejak peluit menit pertama ditiupkan wasit. Permainan cepat dengan memanfaatkan kesolidan lini tengah menjadi strategi pelatih yang juga mantan pemain Persebaya itu. 

Meski begitu, tim tamu yang mencoba bermain aman juga solid membangun benteng pertahanan memaksa Persebaya beberapa kali tidak mampu memanfaatkan peluang emas menjadi gol. Perjuangan keras Danilo dan kawan-kawan ini baru terbayar saat memasuki injury time babak pertama lewat gol indah Alfan Suaib di menit ke-45+1 menit.

Gol Alfan menjadi mood booster bagi rekan-rekannya. Apalagi, proses gol Alfan sangat apik. Berawal dari kerjasama umpan silang yang dia berikan ke Alfarizi di sisi kiri lapangan lawan. Alfarizi kemudian melakukan solo run melewati pertahanan Barito langsung memberikan umpan lambung kepada Alfan yang sudah bersiap di depan gawan Barito. 

Bola udara hasil umpan Alfarizi tersebut jatuh dan memantul keras melewati kepala Alfan. Tanpa melakukan kontrol apapun, Alfan lantas dilanjutkan dengan tendangan saltu belakang dan bola mengarah liar ke tiang jauh gawang Barito. Kiper Barito Gale Trisna “mati langkah” alias kesulitan mengantisipasi datangnya bola sekaligus membuka keran pesta gol Persebaya. 

“Saya senang bisa menciptakan gol dan memberikan poin bagi tim. Kemenangan ini sangat penting bagi kami,”kata Alfan. “Saya persembahkan gol bagus itu kepada rekan-rekan setim yang sudah bermain bagus. Perjuangan kami masih panjang, jadi jangan dulu berpuas diri,” timpal pemain asal Ternate yang sudah dipercayakan mendapat tempat di Persebaya senior itu. 

Atas kemenangan tersebut, Persebaya sementara memuncaki klasemen sementara Grup B setelah Borneo FC hanya bisa menang tipis 1-0 atas Persija di Samarinda. (*)

BERITA LAINNYA