Oktafianus Fernando saat sesi latihan game di Lapangan B Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (27/11) sore. (Persebaya)

Ini Alasan Ofan Pilih Nomor Punggung 27

Oktafianus Fernando didatangkan kembali oleh Persebaya di pertengahan musim 2023/2024. Setelah resmi berseragam Bajol Ijo, pertanyaan muncul. Nomor punggung berapa yang akan dikenakan Oktafianus?

Pemain asli Tandes, Surabaya itu lekat tidak bisa memakai nomor punggung 8 di Persebaya saat ini. Sebab Andre Oktaviansyah sudah menggenakan nomor punggung itu sejak musim lalu. Padahal Ofan sapaan akrabnya, identik dengan nomor punggung delapan saat membela Persebaya sejak 2017.

Ofan pun memilih nomor punggung lain yakni 27. Nomor punggung itu angka yang serupa dengan tahun lahir Persebaya yakni 1927. Uniknya, nomor tersebut sama dengan yang digunakan sang adik Marselino Ferdinan yang tengah membela klub kasta kedua Belgia, KMSK Deinze.

Ofan mengaku sempat berkomunikasi dengan Marselino untuk memilih nomor yang tepat.

“Kemarin sempat ngobrol sama Lino (Marselino, red), tidak salahnya memakai nomor itu kita saling support, saya mendukung dia, dia mendukung saya. Sama-sama kita bikin perubahan secara kondisifitas dan kekeluargaan,” jelasnya.

“Akan tetapi bukan soal nomor ya, semua tetap pembuktian bagaimana di lapangan,” sambungnya.

Seperti diketahui, nomor punggung 27 terakhir kali dikenakan oleh Fandi Eko Utomo pada musim 2018 silam.

Oktafianus Fernando dan Manajer tim Persebaya Yahya Alkatiri foto bersama setelah prosesi penandatanganan kontrak baru. (Persebaya)

Meski mengenakan nomor yang berbeda dari sebelumnya, Ofan tetap bertekad kembali membawa Persebaya di jalur kemenangan. Dalam empat laga terakhir anak asuh Uston Nawawi ini kehilangan poin.

“Pertama kali saya bergabung lagi latihan tadi, saya melihat anak-anak sangat kuat ya. Didominasi oleh pemain muda dan sangat optimis menatap putaran kedua bisa lebih baik lagi,” jelas pemain berusia 30 tahun itu.

Saat berseragam Bajol Ijo di Liga 2 musim 2017 hingga Liga 1 musim 2022, Ofan mencatatkan 66 penampilan. Dari penampilannya tersebut ia menyumbang lima gol dan 12 assist. (*)

BERITA LAINNYA