Kasim Botan dalam sesi latihan game. (Persebaya)

Kasim Kian Solid di Posisi Full Back

Persebaya tampil dengan formasi baru dalam dua pertandingan terakhir terutama di sektor lini bertahan. Full back kanan mengalami reposisi yaitu Kasim Botan, sebelumnya bek kanan diisi oleh Catur Pamungka, namun absennya Catur dimanfaatkan dengan baik oleh Kasim.

Kasim mengisi posisi bek kanan saat Persebaya melawan Persik Kediri dan Barito Putera. Menurutnya ia siap bermain di mana pun apabila pelatih menginstruksikan. Menurutnya, cara bermain bek kanan dan winger memiliki beberapa kesamaan.

“Saya rasa tidak ada masalah main di full back kanan, yang penting bisa kontribusi buat tim,” kata Kasim.

Pemain kelahiran 1997 ini pernah berposisi sebagai full back kanan sebelum memutuskan sebagai winger di Akademi Harbi 2014 silam. Adapun pada peran barunya ia dituntut tidak hanya solid membantu bertahan dan tak jarang membantu serangan.

Ia menyadari kontribusinya bisa memengaruhi pada gol tim dan catatan kebobolan, untuk itu ia bertekad untuk bermain maksimal selama mendapat kepercayaan dari pelatih.

Sejauh ini, Kasim sudah mencatatkan 15 penampilan dengan torehan dua assist dan 22 tackles, 16 intersep, serta 6 clearances. Dalam menyerang ia mengoleksi lima tendangan dua di antaranya shot on target.

“Saat menimba ilmu di akademi sekolah sepak bola saya pernah berposisi bek kanan, tetapi kalau di profesional belum pernah sama sekali. Baru debut pertama di Persebaya,” jelasnya.

"Tentunya pelatih berpesan kepada saya agar bisa bermain solid menjaga area bertahan dari serangan winger lawan. Karena setiap tim di Liga 1 memiliki winger yang sangat cepat," sambungnya. (*)

BERITA LAINNYA