Winger Persebaya U-16 Moch Ichsas Baihaqi melewati penjagaan dua pemain Bali United di pertandingan pekan ke-6 Elite Pro Academy 2023/2024. (Persebaya)

Berpeluang Besar Lolos Delapan Besar EPA, Persebaya Junior Terus Matangkan Tim

Persebaya menjalani babak kualifikasi grup Elite Pro Academy (EPA) dengan baik. Sampai putaran pertama, Tim U-16 memimpin klasemen. Tim U-20 peringkat kedua. Sedangkan Tim U-18, meski ada di peringkat keempat, peluang untuk lolos ke delapan besar masih cukup besar.

Menyelesaikan 12 laga, Persebaya U-16 yang dilatih Mat Halil itu menempati posisi pertama Grup C dengan 26 poin. Itu hasil dari 8 kali menang, 2 seri, dan 2 kalah.

Saat ini EPA libur sementara bersamaan dengan Piala Dunia U-17. Pelatih Persebaya U-16 Mat Halil menyatakan break kejuaraan dimanfaatkan untuk mematangkan tim. Tidak ada waktu berleha-leha agar lebih baik lagi menatap laga selanjutnya.

Persebaya Junior masih menyisakan delapan pertandingan. Dua game away melawan Bali United, sisanya home melawan Madura United, Bhayangkara FC, dan Persik Kediri.

“Tentunya kami optimistis ya dengan laga berikutnya, merebut itu sesuatu hal mudah. Tetapi mempertahankan di posisi pertama itu yang banyak cobaannya. Semoga anak-anak bisa menampilkan yang terbaik,” jelasnya. 

Dari kategori U-20, Persebaya ada di peringkat kedua dengan mengoleksi 17 poin. Itu terpaut 13 poin dengan sang pemuncak klasemen Bhayangkara FC dengan 30 poin.

Persebaya U-18 sebenarnya mengoleksi 18 poin. Namun, ketatnya persaingan di kategori ini membuat Persebaya ada di urutan keempat. Gap antar klub yang mepet, membuat persaingan siapa yang lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar. Gap Persebaya U-18 dengan Bali United U-18 yang memuncaki klasemen hanya 10 poin.

Dalam EPA tahun ini, tim peringkat pertama dan kedua akan melaju ke babak delapan besar. Plus dua tim terbaik peringkat ketiga juga lolos.

Delapan tim yang lolos akan dibagi dalam dua grup dengan sistem home away. Dua tim teratas lolos ke semifinal yang menggunakan sistem gugur. Selanjutnya Persebaya akan menghadapi Persik Kediri pada Sabtu (9/12) dan Minggu (10/12) mendatang. (*)

 

BERITA LAINNYA