SUDAH PULIH: Kembalinya Oktafianus Fernando (tengah) saat berlatih di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, kemarin (24/9), membuat banyak opsi pemain yang bisa diturunkan. (Foto: Angger Bondan/Jawa Pos)
Green Force Tenaga Penuh

START mantap pada babak 16 besar Liga 2 membuat kepercayaan diri Persebaya Surabaya menjelang berangkat ke Palangka Raya hari ini tinggi. Apalagi, pelatih Angel Alfredo Vera memiliki banyak opsi pemain karena semua berada dalam kondisi fit.

<

Bek Fandry Imbiri memang sempat bikin khawatir setelah harus ditarik keluar dari laga melawan PSBS Biak (22/9) karena mengeluh sakit pada paha kiri. Mantan bek Semen Padang itu juga sempat tidak mengikuti latihan Sabtu lalu (23/9). Namun, dia sudah kembali berlatih kemarin.

<

Rendi Irwan dan Oktafianus Fernando yang selama ini belum 100 persen fit sudah siap. Mereka sudah memungkinkan untuk dimainkan ketika menantang Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, besok (26/9). "Semua pemain dalam kondisi bagus. Semua siap bermain," kata Alfredo kemarin.

<

Dalam latihan terakhir kemarin, Rendi Irwan dkk lebih banyak mendapatkan porsi latihan taktik. Alfredo tidak memberikan porsi latihan fisik untuk menjaga stamina anak asuhnya yang akan berangkat ke Palangka Raya pagi ini. "Jaga kondisi agar tidak kelelahan menempuh perjalanan nanti," terang pelatih asal Argentina tersebut.

<

Selain menyiapkan taktik dan menjaga fisik, Alfredo mengatur agar para pemainnya tetap dalam kondisi mentalyang mantap. Apalagi, dalam tur Kalimantan sebelumnya di fase grup 5 Liga 2, Persebaya kalah oleh Martapura FC 1-2 di Stadion Demang Lehman (30/4). Itu satu-satunya kekalahan Persebaya musim ini.

<

Nah, walau sempat dihantui kenangan buruk, Alfredo menegaskan bahwa anak asuhnya tidak terpengaruh hasil pertandingan tersebut. Selain lawan yang berbeda, saat ini para pemainnya berada dalam grafik yang menanjak. "Kami tidak pernah pikir lawan siapa. Tetap respek dan waspada," bebernya.

<

Lalu, bagaimana dengan kekuatan lawan? Kalteng Putra memiliki Rivaldi Bawuo yang sekarang merupakan top scorer Liga 2 dengan 13 gol. Meski begitu, Alfredo menyakini pasukannya bisa mengantisipasi ancaman tersebut. "Kami tidak berpikir satu pemain saja untuk diwaspadai," jelasnya.

<

Para pemain juga mengaku sudah melupakan trauma bertandang ke Martapura. Itu cerita lama. "Tim yang kami hadapi juga berbeda. Jadi, saya yakin bisa menang," kata gelandang Persebaya Sidik Saimima. "Kami juga mengambil banyak pelajaran dari away terakhir ke Kalimantan," tuturnya.

<

Apalagi, sejak ditangani Alfredo, tren performa Green Force - julukan Persebaya- terus menanjak. Pemain yang direkrut pada tengah musim pun sudah beradaptasi dengan baik. Misalnya, Fandry Imbiri dan Ricky Kayame. Bahkan, Ricky selalu mencetak gol dalam dua pertandingan terakhir.

<

Ricky yang sebelumnya membela Persipura berambisi terus menambah rekening golnya. Apalagi, sekarang kolaborasinya dengan Irfan Jaya semakin padu mengacak-acak pertahanan lawan. "Saya akan bekerja keras agar kembali mencetak gol," katanya. (rid/c17/ham)

<

Story provided by Jawa Pos

BERITA LAINNYA