Muhammad Iqbal unjuk kemampuan di Skate & BMX Park Surabaya. (Persebaya)

Iqbal Jelajahi Skateboard Park di Surabaya

Muhammad Iqbal menyongsong musim 2023/2024 dengan manis. Satu golnya ke gawang Bali United pada Surabaya 730 Game pada Minggu lalu (28/5) melanjutkan tren positifnya di momen-momen akhir musim lalu. Catatan yang membuatnya kian percaya diri mendapatkan menit bermain yang bagus musim ini.

Ternyata, di tengah kesibukannya membela Persebaya, Iqbal memiliki hobi yang cukup menantang. Pemain asal Padang itu menyukai olahraga skateboarding.

Pemain kelahiran 2000 itu sudah cukup lama menggeluti skateboarding, sembilan tahun lebih. Salah satu olahraga ekstrim itu ia tekuni sejak sekolah dasar.

”Jalan-jalan di Pantai Pariaman di Padang, terus melihat orang main skateboard,” kenang Iqbal tentang bagaimana ia tertarik skateboarding. “Kelihatannya menarik dan seru, akhirnya saya menabung dan membeli skateboard untuk belajar. Dan sampai saat ini saya terus belajar meluncur di atas papan,” lanjutnya.

Iqbal memiliki sejumlah skateboard. Salah satunya ia beli dari Korea Selatan Ketika ia memperkuat klub Cheongju FC di Liga 3. Skateboard itu menjadi saksi bisu perjalanan kariernya di sana.

"Skate ini menjadi saksi perjalanan saya di Korea, saya beli di sana dan saya bawa kembali ke Indonesia. Saya bermain skate ketika ada waktu luang. Sering terjatuh juga tapi itu risiko dari permainan ini,” jelasnya.

Karena skateboarding cukup berisiko cedera, Iqbal senantiasa berhati-hati. Mengenakan alat pengaman dengan semestinya. Ia pun mengatur jadwal agar agenda latihan sepak bolanya tetap maksimal. Sama sekali tidak terganggu.

“Selama ini tidak menganggu jadwal latihan maupun jadwal pertandingan sepak bola saya. Ya dua minggu sekali lah untuk melemaskan otot,” sambungnya.

Bermain untuk Persebaya, menjadi keuntungan tersendiri bagi Iqbal. Di Kota Pahlawan, ada sejumlah skateboard park berkualitas. Dua skateboard park paling ramai di Surabaya, Taman Bungkul dan Monumen Kapal Selam pernah ia jajal. (*)

BERITA LAINNYA