Aji Santoso memimpin latihan Persebaya, Sabtu (11/3) sore. (Persebaya)

Berhitung Kemungkinan Rotasi Pemain Belakang

Pelatih Persebaya Aji Santoso memberikan sinyal bakal melakukan rotasi pemain terutama lini belakang jelang laga melawan Persib Bandung di Stadion Joko Samudro Gresik, Senin (13/3) sore.

Langkah tersebut dilaksanakan Aji lantaran performa pertahanan Bajol Ijo memprihatinkan. Dari empat laga Alwi Slamat dkk hanya meraih satu poin dan memiliki jumlah kebobolan tinggi yaitu sembilan gol.

Dari sembilan gol yang telah bersarang, lima gol diantaranya dikarenakan kesalahan sendiri, termasuk gol bunuh diri. Oleh karena itu, menurut Aji lini pertahanan perlu adanya penyegaran setelah melalui laga berat.

“Kemungkinan besar saya akan melakukan rotasi terutama pemain belakang,” kata Aji.

Saat ini di bangku cadangan Persebaya Surabaya ada nama Riswan Lauhin yang sudah mengoleksi 14 penampilan sepanjang musim. Pemain asal Maluku itu mencatatkan 26 intersep dan 28 clearances.

Riswan kerap menjadi tumpuan ketika Rizky Ridho atau Leo Lelis tidak dapat memperkuat tim. Bahkan putaran pertama lalu ia diturunkan ketika melawan Persib.

Selain Riswan, masih ada satu pemain yang berpotensi mengisi posisi bek tengah. George Brown beberapa kali dipasang Aji Santoso sebagai center back saat internal game. Ia juga sudah menjalani laga debut ketika melawan Persita awal putaran kedua lalu.

"Kita akan lihat sampai hari pertandingan siapa saja yang siap. Saya ingin yang dipasang benar-benar bermain dengan hati. Kita butuh momentum bangkit," jelas Aji.

Menghadapi Maung Bandung, lini pertahanan Persebaya harus solid dan tidak boleh lengah pasalnya ada duet David-Ciro masuk dalam jajaran top score Liga 1 2022/2023. David Da Silva mengoleksi 19 gol dan Ciro Alves mengoleksi 10 gol.(*)

BERITA LAINNYA