Ze Valente saat melepaskan umpan di lini pertahanan PSS Sleman. (Persebaya)
Full Time BRI Liga 1 2022/2023 | Persebaya 4-2 PSS Sleman

Gol Januar Tutup Hujan Gol, Persebaya Amankan Tiga Poin

Persebaya mencatatkan kemenangan keenamnya secara beruntun. Setelah berhasil mengalahkan PSS Sleman dengan skor 4-2 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik. Lima dari total enam gol dari kedua tim, tercipta di babak kedua.

Peluit babak kedua dibunyikan, Persebaya Surabaya hampir saja kebobolan saat unggul 1-0 melalui gol Ze Valente di babak pertama. Saat itu Rachmad Hidayat berdiri bebas di depan gawang. Beruntung Ernando Ari mampu menghalau tendangan kerasnya.

Untuk menambah daya gedor, pelatih Aji Santoso memasukan Ahmad Nufiandani dan Rizky Dwian menggantikan Muhammad Iqbal dan Supriadi.

Akhirnya, pergantian itu membuahkan hasil. Umpan manis Sho Yamamoto disela-sela pemain PSS Sleman mampu dimaksimalkan Michael Rumere. Ia menyontek di tiang jauh. Ega Rizky gagal menghalau. Pesebaya menjauh 2-0.

Lagi-lagi Sho memberikan umpan cantik. Ze yang berlari di kotak penalti ia beri umpan terobosan. Ze langsung mencungkil dan bola masuk ke gawang Super Elang Jawa. Skor 3-0.

Beberapa saat kemudian, Bajol Ijo kembali mendapat peluang, Ze yang dijatuhkan didekat kotak pinalti. Leo Lelis yang mengeksekusi berhasil mengarahkan ke gawang. Namun, penjaga gawang PSS Ega Rizky berhasil menangkap bola.

Super Elja langsung melakukan serangan balik, Yevhen Bokhasvili yang berdiri bebas di sisi kanan pertahanan Persebaya memberikan umpan ke Haris Tuharea. Gol tercipta skor 3-1.

Gawang Ernando Ari hampir saja kembali kebobolan setelah sepakan Haris Tuharea membentur tiang gawang. 

Menit ke-80 gawang Ernando Ari kembali kebobolan. Saat terjadi kemelut di kotak penalti Persebaya, Yevhen yang berdiri dekat bola langsung melesatkan ke gawang. PSS Sleman mengejar, skor 3-2.

Aji langsung merespon, Januar Eka langsung dimasukan menggantikan Rumere. Kembali pergantian itu membuah kan hasil, Januar Eka berhasil menambah keunggulan, setelah memanfaatkan umpan terobosan Ze Valente. Ia langsung menembak ketiang dekat, Persebaya menjauh 4-2. 

Gol Januar di menit ke-91 mengamankan kemenangan Persebaya. Nyaris mustahil PSS mengejar dua gol dengan waktu tersisa di masa tambahan waktu sekitar dua menit.

Peluit babak kedua dibunyikan tidak ada gol yang bertambah. Persebaya berhasil memperpanjang tren kemenangan dan mengoleksi 37 poin, merangsek ke posisi keenam menggusur Bali United. (*)

BERITA LAINNYA