Higor Vidal mencoba untuk melewati penjagaan pemain Dewa United. (Persebaya)
Full Time BRI Liga 1 2022/2023 | Dewa United 1-2 Persebaya
Persebaya Amankan Tiga Poin

Persebaya Surabaya berhasil menutup putaran pertama dengan manis. Kemenangan 1-2 dari tim tamu Dewa United dilaga pekan ke-17 membuat Bajol Ijo naik satu tingkat diposisi 10 klasemen Liga 1 2022. Tidak ada tambahan gol di paruh kedua pertandingan yang digelar di stadion Manahan Solo tersebut.

Memasuki babak kedua, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso memasukkan tenaga baru. Guna menyeimbangkan lini tengah, pelatih berlisensi AFC A Pro itu memasukan Andre Oktavianyah dan Ahmad Nufiandani menggantikan Rizky Dwiyan dan Surpriadi.

Pergantian langsung menghasilan peluang, menit ke-48 kerja sama Sho Yamamoto dan Silvio Junior berhasil menembus kotak pinalti Tansel Warriors. Namun sontekan Ahmad Nufiandani masih terlalu lemah.

Untuk menambah daya gedor Green Force, Higor Vidal pun dimasukkan. Ia menggantikan pencetak gol kedua Persebaya Denny Agus Setiawan.

Dewa United juga tidak tinggal diam. Anak asuh Nil Maizar memberikan ancaman lewat pemain asing mereka. Antisipasi Ernando saat keluar dari gawang hampir dimaksimalkan oleh Majed Osman Theo Fillo, beruntung tendangan Theo lemah dan berhasil diantisipasi oleh Dandi Maulana.

Lagi, menit ke-61 pertahanan Bajol Ijo mendapat ancaman, gocekan Natanael Siringoringo dikotak pinalti memanfaatkan terobosan Majed Osman berhasil membuat mati langkah Dandi Maulana. Beruntung sontekannya melebar di kanan gawang.

Silvio Junior dkk kembali mendapat peluang emas pada menit ke-65. Higor Vidal berdiri bebas di kotak pinalti setelah mendapat umpan terobosan dari Sho Yamamoto. Sayang, sontekannya berhasil dihalau oleh penjaga gawang Dwa United.

Kondisi berbalik pada menit ke-67. Giliran Ernando berhasil melakukan save krusial. Setelah shooting Lucas Ramos dikotak pinalti berhasil ia dekap dalam pelukan.

Pada menit ke-69 Ahmad Nufiandani kembali menebar ancaman. Sayangnya, umpan Silvio Junior dari sisi kanan pertahanan Dewa United masih gagal dimanfaatkan oleh Ahmad Nufiandani. Tendangannya melebar di sisi kiri gawang Tangsel Warriors.

10 menit jelang pertandingan berakhir, Bajol Ijo mendapat dua peluang emas. Kerja sama satu dua Andre Oktaviansyah, Sho Yamamoto, dan Higor Vidal mampu mengecoh pertahanan Dewa United. Namun Sayang tendangan Higor Vidal dan Sho Yamamoto diluar kotak penalti melebar diatas gawang. 

Menit ke-87, Dewa United hampir saja menyamakan kedudukan. Tapi beruntung, Rangga Muslim yang berdiri bebas gagal melepaskan tendangan yang mengarah ke gawang Ernando.

Dengan skor yang berakhir 1-2, Persebaya berhasil meraih tiga poin terakhir di tahun 2022. Saat ini tim kebanggaan arek-arek Suroboyo mengkoleksi 22 poin dari 17 pertandingan dan berhasil naik ke posisi 10. (*)

 

BERITA LAINNYA