George Brown (kiri) dan Sebastian Ongkowijaya menjalani trial di Persebaya mulai Senin (21/11) sore. (Persebaya)
Dua Pemain Jebolan Luar Negeri Jajal Peruntungan di Persebaya

Persebaya memiliki daya tarik tersendiri bagi pemain. Teranyar dua pemain yang pernah mengenyam kompetisi luar negeri, datang ke Surabaya dengan status trial. Keduanya adalah George Brown dan Sebastian Ongkowijaya.

George bukan nama asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Ia dan sang adik Jack Brown menjadi lulusan terbaik Manchester United Soccer School tahun 2016. Pemain kelahiran London 23 tahun lalu tersebut juga sempat mendapatkan panggilan seleksi timnas U-19 di tahun 2017. Selanjutnya, karir George lebih banyak dihabiskan di luar negeri. Mulai dari membela tim kelompok usia di Inggris hingga menjuarai GLIAC Trophy di USA.

Sebagai informasi, GLIAC adalah kompetisi olahraga antar perguruan tinggi di daerah Barat Amerika Serikat. GLIAC berafiliasi dengan Divisi II NCAA (National Collegiate Athletic Association). George membawa kampusnya, Ashland University, menjadi kampiun.

Sementara itu, Sebastian Ongkowijaya tercatat sempat membela salah satu tim Liga 3 Indonesia musim lalu. Sebelum akhirnya pemain 24 tahun itu dikontrak tim divisi tiga Finlandia, Korsnas FF.

Keduanya baru tiba di Surabaya hari ini dan langsung mengikuti latihan tim Senin (21/11) sore. Baik George mengaku langsung jatuh cinta dengan Persebaya. Sehingga tidak menemukan kesulitan di hari pertama.

"Semua anggota tim welcome. Kita dibantu. Kekeluargaan di sini juga bagus," ungkap George.

Pengalaman yang sama juga dirasakan Sebastian.

"Kalau soal kondisi masih aman ya. Karena flight sebentar dari Jakarta. Lalu di sini semua pemain, official dan pelatih bantu kita. Kita diminta enjoy, dan memang di sini kerasa kekeluargaannya," beber sosok yang berposisi sebagai gelandang tersebut.

Di sisi lain, pelatih Persebaya Aji Santoso melihat potensi di dalam diri dua pemain trial barunya. Namun ada beberapa catatan dari first impressions yang didapat Aji.

"Yang pasti fisik ya. Perlu ada peningkatan. Tapi secara permainan tadi mereka cepat paham. Mereka bisa beradaptasi dengan main Persebaya," jelas mantan pelatih timnas Indonesia tersebut.

Tapi dirinya tak mau gegabah. Aji masih akan memberikan waktu sekitar sepekan ke depan untuk keduanya. Setelah itu, masa depan George dan Sebastian di tim kebanggaan arek-arek Suroboyo akan diputuskan. (*)

 

BERITA LAINNYA