Koko Ari ditandu petugas kesehatan untuk bisa keluar dari stadion. (Persebaya)

Aji: Selamat Borneo, Tapi Kei Keterlaluan

Persebaya harus dipaksa menelan kerugian ganda di pekan kelima BRI Liga 1 musim 2022/2023. Alwi Slamat dkk harus mengakui keunggulan tuan Rumah Borneo FC dengan skor tipis 2-1. Ditambah kondisi Koko Ari yang harus menepi akibat pelanggaran keras yang dilakukan Kei Hirose.

Dalam sesi after match press conference, Aji Santoso mengakui ketangguhan tim tuan rumah yang mampu mengalahkan anak asuhnya. Padahal menurutnya penggawa tim kebanggaan arek-arek Suroboyo sudah bermain bagus selama pertandingan. Hanya saja, lagi-lagi konsentrasi di menit akhir menjadi PR tersendiri.

"Anak-anak bermain cukup bagus tadi. Saya rasa semua bisa menilai, permainan anak-anak bagus. Hanya saja hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan," ungkap Aji.

"Saya juga sudah mengantisipasi kesalahan-kesalahan pemain. Sudah saya berikan ke pemain semua di latihan, bahkan sampai sebelum berangkat juga saya lasih menu khusus (defending set piece). Saya tidak diam tapi saya terus berupaya memperbaiki kesalahan mereka," lanjutnya.

Aji memang legowo dengan hasil ini, tapi ia tidak terima dengan cedera yang dialami Koko Ari. Pemain andalan di posisi bek kanan itu harus ditandu keluar di menit ke-15 babak pertama.

Kei Hirose lah yang membuat Koko tidak dapat melanjutkan pertandingan. Pemain asal Jepang itu menghujamkan pool sepatuny dengan sengaja ke arah tulang kering Koko. Bahkan kaos kaki yang dikenakan Koko sampai robek.

"Selamat untuk Borneo, tapi yang saya sayangkan kenapa wasit tidak tegas kepada Kei Hirose. Itu sekarang mungkin kaki Koko patah, dia tidak bisa berjalan, masuk bis harus ditandu," kata Aji.

"Itu pelanggaran keras dan disengaja itu. Seharusnya itu kartu merah," tegasnya.

Mantan pelatih timnas Indonesia tersebut mempertanyakan profesionalisme Kei sebagai pemain asing. Dimana dirinya harusnya menjadi contoh, bukan malah memperagakan permainan kotor.

"Sepak bola bukan hanya soal kalah menang, tapi ada sportifitas. Harusnya pemain asing memberi contoh," tukasnya.

Saat ini Koko tengah menjalani pemeriksaan rontgen di rumah sakit setempat. Ia akan menjalani pemeriksaan lanjutan setiba di Surabaya besok. 

Koko tabah dan tegar menghadapi situasi ini. (*)

 

BERITA LAINNYA