Aji Santoso memberikan instruksi sebelum memulai latihan sore tadi. (Persebaya)
Aji Bakar Semangat Skuad Persebaya

Ajak Diskusi Pemain Empat Mata

Mental penggawa Persebaya diuji di hari Minggu (14/8) nanti. Pemuncak Klasemen sementara, Madura United akan menantang Rizky Ridho dkk di Gelora Bung Tomo. Oleh karena itu, Aji Santoso tidak hanya membekali pemainnya dengan pemahaman strategi.

"Kita sudah di tahap latihan akhir sebelum lawan Madura. Progres anak-anak sudah bagus. Mudah-mudahan kondisi anak-anak di hari Minggu bagus," ungkap mantan kapten Bajol Ijo tersebut.

Secara khusus pelatih Persebaya tersebut memberikan motivasi tambahan kepada anak asuhnya. Sebelum maupun setelah latihan, Aji membakar semangat anak asuhnya.

Sesekali Aji juga berbicara empat mata dengan pemainnya di lapangan. Tampak beberapa kali pelatih berusia 52 tahun itu memanggil pemain hanya untuk berbicara lebih intens soal kondisi dan strategi permainan.

Sosok yang membawa Persebaya juara musim 1997 itu memahami kondisi psikologis skuadnya yang dihuni pemain muda. Dimana mental kerap menjadi sorotan. Oleh karena itu ketika berbicara face to face dengan pemain, ia juga menyuntikkan semangat jelang pertandingan.

"Saya rasa mental mereka tidak ada masalah. Masalahnya memang kita kemarin gagal menang. Maka dari itu saya bilang terus ke mereka bermain harus punya fighting spirit," jelas Aji.

"Contohnya di permainan saya minta mereka cepat merebut bola setelah kehilangan. Itu bagian mentality," lanjutnya. (*)

 

BERITA LAINNYA