Aksi Higor Vidal melewati beberapa pemain PDS. (Persebaya)

Menang, Tiga Playmaker Cetak Gol

Persebaya menggelar latihan bersama pada Jumat (3/6) sore. Salah satu peserta Liga 2 musim depan, Putra Delta Sidoarjo (PDS) menjadi lawan bagi Bajol Ijo. Hasilnya, tiga gol tanpa balas berhasil dilesakkan Alwi Slamat dkk.

Bertanding dengan format 3x30 menit, Persebaya menurunkan tiga tim yang berbeda di setiap babak. Di babak pertama, Aji Santoso menurunkan full pemain lokal. Duet Zaenuri dan Dandi Maulana mengisi barisan pertahanan. Di tengah Dicky Kurniawan bertugas menjadi pengatur serangan. Hasilnya baru sepuluh menit laga berjalan, pemain yang akrab disapa Kacong tersebut membuka keunggulan bagi Persebaya.

Setelah gol pertama tercipta, laga pun berjalan dengan sengit. PDS memberikan perlawanan. Beberapa kali gawang yang dijaga Satria Tama di babak pertama mendapatkan tekanan. Namun hingga babak pertama berakhir, skor tidak berubah.

Gol kedua baru tercipta pada babak berikutnya. Adalah Wahyudi yang menggantikan peran Kacong, tampil sebagai pembobol gawang PDS.

Pada laga yang digelar di stadion Gelora 10 Nopember tersebut, seluruh playmaker mencetak gol. Di babak ketiga, giliran rekrutan anyar Persebaya Higor Vidal yang mencatatkan nama di papan skor. Lewat aksi individu, ia berhasil melepaskan tembakan terarah yang menghujam pojok kiri gawang PDS. Gol tersebut juga sebagai gol terakhir yang tercipta pada laga sore tadi. 3-0 Persebaya menang.

Namun apakah Aji Santoso lantas puas?

"Jelas masih banyak yang harus dievaluasi. Masih banyak yang bisa diperbaiki. Karena ini juga masih awal-awal," ungkap pelatih berlisensi AFC A Pro itu.

Menurut Aji, peningkatan signifikan terlihat di sisi fisik. Termasuk kondisi fisik pemain asing.

"Soal kebugaran sudah jauh membaik. Tapi ya bisa ditingkatkan. Kalau untuk Sho dan Vidal memang cuma saya mainkan 10 menit akhir. Mereka baru datang beberapa hari lalu," beber Aji.

"Tapi mereka sudah lumayan bagus kondisi fisiknya. Saya yakin, cepat mengejar. Tapi kalau permainan ya ini kan pertandingan pertama. Waktunya masih banyak," tandasnya.

Latihan bersama sore tadi juga sebagai persiapan Persebaya sebelum turun di turnamen pra-musim. Rencananya turnamen tersebut akan digelar pada tanggal 11 Juni nanti. Persebaya tergabung dalam grup c bersama, Bhayangkara FC, Persib Bandung dan Bali United. (*)

 

BERITA LAINNYA