Yahya Alkatiri saat diperkenalkan di kantor pemasaran Persebaya.
Manajer Tim Juara EPA Promosi ke Tim Senior

Persebaya mulai mempersiapkan untuk menyambut Liga 1 musim depan. Dimulai dari melakukan perubahan di jajaran manajemen. Yahya Hasan Alkatiri kembali ke rumah dan mengisi posisi manajer yang sebelumnya dijabat oleh Candra Wahyudi.

Yahya bukanlah sosok asing untuk Bajol Ijo. Ia sudah lama aktif di salah satu klub internal Persebaya. Ia juga beberapa kali menjabat manajer tim junior Persebaya di berbagai jenjang usia.

Salah satu prestasi terbaiknya adalah saat ia mengemban tugas sebagai manajer tim Elite Pro Academy Persebaya musim 2019. Tiga tim kelompok umur mulai dari U-16, U-18 hingga U-20 ia tangani sekaligus.

Hasilnya, ia berhasil membawa tim junior Persebaya berbicara banyak di musim tersebut. Persebaya U-18 dibawanya lolos ke delapan besar. Sementara U-16 berhasil menduduki peringkat ketiga di akhir kompetisi.

Di level tertinggi kelompok umur, ia berhasil membawa tim Persebaya U-20 menjuarai Liga 1 U-20 musim 2019. Pemain yang menjadi tumpuan tim saat ini macam Ernando Ari, Rizky Ridho, Koko Ari hingga Supriadi, pernah merasakan dipimpin oleh Yahya. 

Pada musim 2021/2022, Yahya sempat merantau ke Persik Kediri. Ia berhasil menyelamatkan Macan Putih yang kala itu berada di jurang degradasi. Hingga akhirnya membawa Persik finis di peringkat 11 klasemen akhir.

"Alhamdulillah saya bisa kembali mengabdi di Persebaya. Saya akan berusaha semaksimal mungkin mengemban amanah ini dan bersama-sama membawa kembali kejayaan Persebaya," ungkap Yahya. (*)

 

BERITA LAINNYA