Ernando Ari pada laga melawan Persik Kediri. (Persebaya)
Aji: Ernando Pahlawannya

Tiga poin didapatkan Persebaya setelah menumbangkan Persik 1-0. Kemenangan Bajol Ijo tidak lepas dari penampilan gemilang barisan pertahanan, khususnya penjaga gawang Ernando Ari. Bahkan Aji Santoso secara khusus memuji penampilan kiper timnas Indonesia tersebut.

"Ernando tampil sebagai hero. Apalagi di detik-detik akhir dia melakukan penyelamatan penting dan mengamankan poin kita," ungkap Aji Santoso.

Tak berlebihan pujian yang diberikan pelatih Persebaya tersebut. Karena selama 90 me it Ernando berjibaku menyelamatkan gawang Persebaya.

Sedikitnya lima penyelamatan dilakukan dalam laga melawan Persik Kediri. Bahkan tiga diantaranya merupakan crucial save. Karena peluang Tim Macan Putih, julukan Persik, begitu bagus.

Salah satu aksi gemilangnya terjadi di menit ke-83. Sontekan keras gelandang Persik, Machado di dalam kotak penalti berhasil dijinakkan.

Paling epik adalah saat pertandingan memasuki memasuki penghujungnya. Serangan Persik di menit kelima injury time diakhiri dengan tendangan keras dari Fitra Ridwan. Bola yang menuju gawang dengan cepat masih dapat dihalau oleh Ernando.

"Penampilan bagus Nando tidak hanya hari ini, dia tampil bagus di laga-laga sebelumnya. Dia konsisten dan terus berkembang," puji Aji.

Penampilan Nando memang mengalami peningkatan signifikan. Ia menjadi pilihan utama di awal musim sebagai pengganti Satria Tama yang cedera. Sempat mendapatkan kritik di awal musim tidak meruntuhkan semangatnya.

Ia sudah tampil sebanyak 16 kali membela tim kebanggaan arek-arek Suroboyo. Dari penampilan tersebut, ia melakukan 54 penyelamatan. Performa moncer di klub juga membuat ia diganjar dengan pemanggilan timnas AFF 2020. (*)

 

BERITA LAINNYA