Arif Satria (kiri) mencoba menghalau tendangan Ezequiel N'douassel pada laga melawan Bhayangkara FC. (Persebaya)
Geber Persiapan Lawan Sleman, Aji Tahan Pemain ke Timnas

Persebaya tidak punya waktu lama untuk menyesali kekalahan lawan Bhayangkara FC. Empat hari lagi Bajol Ijo sudah ditunggu PSS Sleman di pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022. Oleh karena itu, Aji Santoso langsung menggelar persiapan sedari dini.

Sehari setelah pertandingan, pemain Persebaya menjalani recovery training. Beberapa pemain yang bermain penuh, diberikan waktu beristirahat. Sementara Sisanya melahap menu physical conditioning.

Kondisi fisik pemain memang benar-benar harus diperhatikan. Karena jarak ke laga berikutnya memang cukup pendek. Persebaya praktis hanya punya waktu lima hari untuk mempersiapkan diri.

Alasan itu pula yang membuat Aji Santoso menahan pemainnya untuk tidak bergabung ke pemusatan latihan timnas. Seperti yang diketahui lima pemain Bajol Ijo dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti TC.

Aji mengeluhkan kondisi fisik pemain yang saat kembali dari timnas justru mengalami gangguan. Contohnya adalah Arif Satria.

Menurut mantan pelatih timnas Indonesia tersebut, Arif sebenarnya dalam kondisi yang kurang fit sepulangnya dari tc timnas. Cederanya yang ia dapatkan saat membela timnas Juli lalu, kembali kambuh.

"Sebenarnya Arif tidak fit, tapi saya paksa untuk bermain. Seperti yang saya takutkan sebelumnya, begitu kembali dari timnas, cedera tumitnya kambuh lagi," beber Aji.

"Jadi untuk persiapan laga berikutnya kami tidak akan mengirim pemain ke timnas terlebih dahulu," imbuhnya.

Perlu dicatat, meski dalam keadaan tidak fit, penampilan Arif begitu impresif dalam laga semalam. Pemilik nomor punggung 28 itu sukses meredam ketajaman Ezequiel N'douassel. Tercatat empat clearance, tiga intersep dan dua tekel dilakukannya selama 90 menit pertandingan.

Sementara itu, menegaskan keputusannya menahan pemain bukan karena ia tidak mendukung timnas. Namun kebijakan ini diambil murni karena kebutuhan tim.

"Saya bukannya tidak mendukung timnas. Tapi tentunya harusnya mengerti posisi kami. Tim dalam kondisi sulit, sudah tiga kali kalah. Jadi biar pemain fokus dengan klub," tandas pemegang lisensi kepelatihan AFC A Pro itu.

 

BERITA LAINNYA