Pada sesi latihan hari Selasa (21/9) lalu, Aji Santoso mengingatkan pentingnya menjaga mental bertanding kepada anak asuhnya. (Persebaya)

Jadikan Tekanan Menjadi Motivasi

Persebaya akan menghadapi Bhayangkara FC pada pekan keempat BRI Liga 1 musim 2021/2022. Menghadapi salah satu tim penghuni papan atas, tak membuat pelatih Aji Santoso keder. Justru ia yakin anak asuhnya makin bersemangat untuk mengalahkan lawan. 

Rachmat Irianto dkk memang wajib waspada kala berdua Bhayangkara FC Jumat nanti (24/9). Karena klub berjuluk The Guardians itu menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan hingga pekan keempat. Striker mereka, Ezequiel N'douassel juga memimpin perolehan gol terbanyak.

"Materi pemain Bhayangkara memang berkualitas. Justru saya ingin anak-anak tampil lebih termotivasi karena lawan tim bagus," ungkap Aji.

Pelatih yang berlisensi AFC A Pro itu juga memahami tentang tekanan tersendiri tiap lawan Bhayangkara FC. Karena ia pernah memimpin Bajol Ijo menghadapi lawan yang sama di kompetisi Liga 1 musim 2019.

Kala itu Persebaya berhasil mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor meyakinkan 4-0. Aji pun telah berbagi tips kepada pemainnya cara menghadapi calon lawannya tersebut. Menurutnya, mental menjadi kunci dalam menghadapi tim yang di atas kertas lebih diunggulkan.

"Bhayangkara FC sudah berbeda dibandingkan musim 2019. Tapi yang harus tetap dipertahankan oleh anak-anak adalah semangat juang. Saya ingin mereka bermain 100 persen," beber pria 51 tahun tersebut. 

"Tekanan harus diubah menjadi motivasi. Dengan bermain total dan disiplin bukan tidak mungkin kita bisa berbicara banyak nanti," imbuhnya.

Persebaya sendiri dipastikan dapat menggunakan jasa pemain yang dipanggil timnas. Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Arif Satria, Ricky Kambuaya, dan Ernando Ari mendapatkan izin dari timnas untuk kembali ke klub sebelum pertandingan digelar.

"Anak-anak kondisinya sudah siap. Yang dari timnas juga bisa dipasang. Kita akan mengulangi materi latihan taktikal di official training besok," tandasnya. (*)

 

BERITA LAINNYA