Akbar Firmansyah dan Zulfikar digembleng fisik pada latihan Rabu (20/5) sore. (Persebaya)

Fisik 100 Persen dalam Dua Pekan

Pemain Persebaya dibuat lebih berkeringat pada latihan kedua, Rabu (20/5) sore. Aji Santoso mulai meningkatkan intensitas latihan. Tujuannya untuk segera mengembalikan kondisi fisik anak asuhnya.

Pelatih Bajol Ijo itu memperbanyak porsi latihan conditioning saat Oktafianus Fernando dkk berlatih di lapangan Jenggolo. Menu tersebut dikombinasikan dengan pemahaman taktikal berupa possession ball. Semua materi tersebut diberikan selama kurun waktu 90 menit.

Aji menargetkan dalam jangka waktu dua minggu kondisi fisik pemain sudah mendekati 100 persen. Oleh karena itu ia akan meningkatkan intensitas latihan dalam beberapa hari ke depan. Aji akan menambah porsi conditioning training guna mengejar target yang ia tetapkan. Bleep test juga dipersiapkan sebagai parameter untuk menilai kesiapan fisik pemain.

Bahkan tidak menutup kemungkinan ia akan menggelar dua kali latihan dalam satu hari. Seperti yang dilakukan pada hari ini. Oktafianus Fernando dkk menjalani latihan indoor di salah satu pusat kebugaran di Surabaya.

"Anak-anak memasuki peningkatan intensitas latihan tahap awal. Besok (21/5) kita akan berlatih fitness di gym, sorenya kita tetap latihan. Dan hari senin kita adakan tes vo2max," ungkap sosok yang membawa Persebaya juara musim 1997-1998 tersebut.

Sementara itu, Arif Satria sudah mulai tampak di latihan sore tadi. Ia baru saja tiba di Surabaya pagi tadi dan langsung mengikuti latihan.

Meski terlambat gabung, namun kondisi Arif cukup bagus menurut penilaian Aji. Hal tersebut dikarenakan Arif masih menjalani latihan bersama timnas saat tim Persebaya diliburkan.

"Kondisi Arif sudah bagus. Cuma perlu hati-hati aja biar tidak cedera lagi. Tadi makanya saya pesan jangan terlalu dipaksakan, biar naiknya intensitas latihan naik pelan-pelan dan tidak bikin kambuh cederanya," tandas Aji.

Satu-satunya pemain yang dipastikan menepi hanya Rendi Irwan. Gelandang pemilik nomor punggung 12 tersebut mengalami cedera engkel dan dipastikan tidak akan mengikuti bleep test. Menurut dokter tim Persebaya, Rendi membutuhkan istirahat hingga 10 hari ke depan agar cederanya sembuh total. (*)

 

BERITA LAINNYA