Muhammad Hidayat menjalani latihan mandiri setibanya di Surabaya. Besok seluruh penggawa Persebaya akan kembali menjalani latihan bersama setelah libur hari raya Idul Fitri. (Persebaya)

Latihan Mandiri Sebelum Latihan Bersama

Pemain Persebaya yang berasal dari luar kota telah berdatangan. Muhammad Hidayat, Ricky Kambuaya hingga Reva Adi Utama telah tampak di mess Persebaya. Mereka memenuhi pesan Aji untuk datang sehari sebelum latihan bersama digelar.

Muhammad Hidayat, hadir sejak Selasa pagi. Meski baru tiba ia memutuskan untuk tetap menjaga kondisi dengan latihan mandiri. Karena ia tidak ingin gagal dalam tes fisik yang akan diselenggarakan saat latihan perdana besok (19/5) sore.

"Ya latihan ringan saja. Waktu libur kemarin juga terap jaga kondisi. Sebelum libur kan coach Aji sudah pesan kalau bakal ada tes fisik waktu masuk latihan. Jadi dipersiapkan saja," ungkap gelandang yang identik dengan nomor punggung 96 tersebut.

Aji Santoso memang berencana melakukan tes fisik untuk menguji apakah pemainnya benar-benar menjaga kondisi selama libur lebaran. Rencananya Rabu sore akan menjadi latihan perdana Persebaya setelah libur lebaran

Seperti yang diketahui sebelumnya, setelah gelaran Piala Menpora, praktis persiapan yang dilakukan kurang maksimal. Penggawa Persebaya banyak mendapat jatah libur baik sebelum dan sesudah bulan Ramadan. Total tiga pekan dihabiskan untuk berlatih secara mandiri.

Latihan bersama yang digelar selama satu pekan di bulan suci pun dirasa kurang maksimal. Dikarenakan mayoritas pemain berlatih dalam kondisi berpuasa.

Pemain sebenarnya sudah dibebani tanggung jawab untuk berlatih mandiri selama libur. Oleh Karena itu, Aji Santoso berencana membuka latihan perdana dengan materi conditioning guna menguji efektivitas latihan mandiri anak asuhnya.

"Sebelum latihan kita timbang nanti berat badan pemain. Rencananya nanti juga langsung latihan conditioning. Dari situ kelihatan siapa-siapa yang memang disiplin latihan mandiri," ujar sosok yang membawa Persebaya juara musim 1997-1998 itu.

Selain itu, dalam waktu dekat Aji juga merencanakan akan menggelar bleep test. Tujuannya untuk mempermudah membuat program latihan berdasarkan data kondisi fisik pemain. (*)

 

BERITA LAINNYA