Marselino Ferdinan saat melepaskan tendangan jarak jauh yang membentur tiang gawang. Persebaya gagal membalas gol penalti yang dicetak Irfan Bachdim. (Persebaya)
Full Time: Piala Menpora Grup C, PSS Sleman 1-0 Persebaya
Skuad Muda Persebaya Tak Mampu Balas Gol Penalti Bachdim

Persebaya mengakhiri babak penyisihan grup Piala Menpora 2021. Dalam laga di Stadion si Jalak Harupat tadi malam, Bajol Ijo kalah 0-1 dari PSS Sleman. Gol semata wayang PSS dicetak Irfan Bachdim dari titik penalti.

Setelah bermain spartan di babak pertama, justru Bajol Ijo kecolongan pada menit awal babak kedua. Pergerakan Arsyad Yusgiantoro gagal dihentikan Rizky Ridho dan membuatnya mampu melepaskan tembakan. Namun, wasit justru menunjuk titik putih setelah sepakan Arsyad terjadi.

Irfan Bachdim yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil mengecoh Kiper Persebaya, Ernando Ari. 1-0 skor berubah untuk keunggulan Super Elang Jawa.

Merespon ketertinggalan, Aji Santoso melakukan pergantian. Rendi Irwan, Ricky Kambuaya, dan Ady Setiawan dimasukkan untuk menggantikan Supriadi, Dicky Kurniawan, dan M. Hidayat.

Strategi tersebut sempat membuat Persebaya berbalik menekan. Peluang emas didapatkan Marselino Ferdinan pada menit ke-51. Berdiri bebas tak terkawal membuat adik Oktafianus Fernando tersebut melakukan tendangan jarak jauh. Namun, sepakannya masih membentur tiang gawang.

Sejatinya Persebaya berpeluang menyamakan kedudukan di menit ke-72. Saat penjaga gawang PSS dinilai menerima back pass dari pemain bertahan menggunakan tangan. Wasit memutuskan tendangan bebas di dalam kotak penalti untuk Persebaya.

Namun, lagi-lagi dewi fortuna belum berpihak pada Persebaya. Tendangan Rizky Ridho masih tipis melayang di atas gawang yang dijaga Ega Rizky.

Terus menekan namun gol tidak kunjung tercipta. Hingga peluit panjang dibunyikan, Persebaya gagal mengejar ketertinggalan 1-0. Dengan ini Persebaya menempati urutan kedua klasemen akhir Grup C. Di babak perempat final, Persebaya akan menghadapi Persib Bandung. (*)

 

BERITA LAINNYA