Aji Santoso memberikan pengarahan kepada pemain sebelum menggelar latihan Minggu (4/4) sore. (Persebaya)

Serius Tatap PSS

Persebaya harus pintar-pintar mengatur jadwal. Karena tiga hari lagi PSS Sleman sudah menanti untuk menjalani matchday keempat grup c Piala Menpora 2021. Oleh karena itu, Aji Santoso langsung menggeber persiapan jelang melawan Super Elang Jawa.

Pelatih Persebaya tersebut membagi tim menjadi dua bagian. Para pemain yang bermain penuh 90 menit saat melawan Persela kemarin, mendapatkan menu recovery. Mereka hanya mengikuti pemanasan dan melakukan permainan rondo untuk menjaga kondisi fisik.

Sementara itu bagi mereka yang masuk sebagai pengganti dan tidak bermain tetap mendapatkan porsi latihan normal. Dimulai dengan latihan ball possession yang dikombinasikan dengan mini game. Lalu dilanjutkan dengan menu conditioning untuk menyamakan tingkat kebugaran dengan mereka yang bermain secara penuh.

Aji Santoso mengaku harus cermat dalam menentukan jadwal bagi pemainnya. Karena dirinya tidak ingin anak asuhnya diterpa cedera akibat kelelahan.

"Hari ini pemain yang kemarin bermain full hanya recovery. Kalau yang lain tetap latihan normal. Tadi kita berikan menu complex training. Biar kondisi terjaga dan materi taktikal juga tetap masuk," jelas Aji.

Mantan pelatih timnas Indonesia tersebut tetap serius mempersiapkan tim untuk melawan PSS, meski sudah mendapatkan tiket ke babak delapan besar. Baginya tidak alasan untuk tidak bermain fight di setiap pertandingan. Karena ajang turnamen pramusim memang digunakan sebagai persiapan guna menjalani kompetisi yang sesungguhnya.

"Meski sudah lolos kita tidak mungkin leha-leha. Kita tetap fight untuk menang. Ini juga sebagai ujian pemain. Kalau mereka bisa terus memberikan yang terbaik saat dipasang, bukan tidak mungkin dia akan terus menempati posisinya sebagai starter. Hitung-hitung persiapan sebelum liga," tandasnya.

Persebaya masih menyisakan satu pertandingan di babak penyisihan grup Piala Menpora. PSS Sleman akan menjadi lawan berikutnya bagi Rachmat Irianto dkk. Laga ini menjadi penting karena akan menentukan posisi klasemen akhir grup c. (*)

 

BERITA LAINNYA