Samsul Arif mencoba melewati penjaga gawang Andhika Ramadhani pada sesi latihan Rabu pagi. (Persebaya)

Evaluasi Sisi Pertahanan

Persebaya menggeber persiapan jelang mengahadapi Persela, Sabtu (3/4) nanti. Pada latihan Rabu (31/3) pagi, Rachmat Irianto dkk telah memasuki menu taktikal. Berbagai strategi permainan tengah dipersiapkan Aji Santoso untuk memetik hasil maksimal.

Pelatih Persebaya tersebut memulai latihan dengan menu ball possession. Sekitar 30 menit penggawa Persebaya digenjot kemampuannya untuk mengalirkan bola dalam tekanan lawan.

Setelah itu dilanjutkan dengan mini game 11 lawan 11. Aji tampak beberapa kali menghentikan permainan guna memberikan contoh langsung dari strategi yang ia inginkan. Mantan pelatih timnas Indonesia tersebut juga mencoba mengutak-atik komposisi pemain di lini tengah.

Aji juga meningkatkan intensitas latihan guna memantapkan taktik permainan. Latihan hari ini berlangsung 90 menit dengan didominasi menu taktikal.

"Latihan hari ini tadi intensitas cukup tinggi. Ini tadi latihan taktikal. Di akhir latihan saya beri maintenance conditioning. Karena besok saya liburkan pemain, jadi saya tingkatkan di hari ini," ungkap Aji.

Dalam latihan yang digelar di lapangan sintetis komplek stadion Si Jalak Harupat tersebut, Aji banyak memperbaiki soal gaya bertahan tim. Menurutnya, meski menang di dua laga awal, Bajol Ijo tetap memiliki celah. Bahkan dalam dua laga tersebut Persebaya tidak pernah mencatatkan clean sheet. Selalu ada gol yang bersarang di gawang Satria Tama.

"Main sebenarnya anak-anak sudah menunjukkan progres bagus. Yang perlu saya benahi soal pertahanan. Karena kita selalu kebobolan," beber Aji.

"Saya juga instruksikan untuk bertahan lebih kuat. Disiplin dalam bertahan serta prinsip-prinsip bertahan juga harus dipahami dengan baik," tandasnya.

Persebaya baru akan menghadapi Persela pada Sabtu (3/4) petang. Bajol Ijo sedikit diuntungkan dengan waktu recovery yang jauh lebih panjang dibandingkan Laskar Joko Tingkir. Persela hanya akan beristirahat satu hari, setelah bertanding melawan Madura United, Kamis (1/4) besok. (*)

 

BERITA LAINNYA