Oktafianus Fernando dihalangi Akbar Firmansyah saat akan mengirimkan umpan. Hari ini (17/3) Persebaya menggelar latihan sore. (Persebaya)

Aji Minta Pemain Adaptasi Lebih Cepat

Gelaran Piala Menpora 2021 makin dekat. Persebaya mempercepat persiapan agar tidak ketinggalan dengan peserta lainnya. Aji Santoso juga meminta anak asuhnya untuk segera beradaptasi dengan taktik yang ia inginkan.

Pelatih Persebaya tersebut mengatakan tidak ada waktu lagi untuk menunggu bersantai-santai. Karena Persebaya baru menggelar 12 kali latihan, sedangkan banyak pemain yang baru bergabung dengan tim. Sehingga ia harus melakukan akselerasi untuk mempercepat pembangunan kekompakan di dalam tubuh tim Bajol Ijo.

Menurut kapten Persebaya era 1997 tersebut, cepat atau tidaknya proses pembangunan kekompakan tim bergantung pada kemampuan adaptasi pemain. Semakin cepat pemain beradaptasi dengan strategi dan rekan-rekannya maka semakin cepat pula chemistry didapatkan.

"Yang jelas saya sudah menyampaikan pada pemain, siapapun saya pasang harus cepat beradaptasi. Karena untuk kekompakan itu tidak hanya soal berapa lama berkumpul tetapi seberapa cepat saling beradaptasi itu yang penting," ungkap Aji.

"Saya kepingin nanti masang siapapun di posisi mana pun, tidak ada masalah dengan itu. Kuncinya ada di adaptasi," sambungnya.

Untuk latihan Rabu (17/3) sore, pemegang lisensi kepelatihan AFC A Pro tersebut hanya memberikan materi taktikal. 75 menit latihan berjalan, mayoritas dihabiskan untuk memantapkan strategi permainan. Dimulai dengan latihan ball possession dan diakhiri internal game menggunakan lapangan besar.

"Kita sudah fokus ke taktikal sampai nanti hari Sabtu. Tidak ada lagi conditioning fisik, agar anak-anak tidak terforsir," pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA