Samsul Arif mencoba melewati hadangan pemain tim PON Jatim. Samsul berhasil mencetak dua gol dari set piece. (Persebaya)
Imbang di Internal Game Lawan PON Jatim

Aji Yakin Pada Proses

Persebaya untuk pertama kalinya menggelar internal game di tahun 2021. Laga tersebut berakhir dengan skor 2-2. Adalah tim PON Jatim yang berhasil menahan imbang Rendi Irwan dkk.

Anak asuh Aji Santoso sebenarnya melakukan start yang cukup baik pada pertandingan yang berformat 3x30 menit tersebut. Menurunkan kombinasi pemain senior dan muda, Persebaya mampu unggul di menit ke-15. Lewat tendangan bebas mendatar striker anyar Bajol Ijo, Samsul Arif Munip.

Sayangnya keunggulan Persebaya tidak bertahan lama. Tim PON Jatim ganti mengambil alih permainan babak kedua. Saat itu Aji Santoso menurunkan mayoritas pemain mudanya. Alan, stopper tim PON Jatim mencuri kesempatan saat kemelut terjadi di depan gawang yang dijaga Ernando Ari.

Babak ketiga eks pelatih timnas tersebut mencoba untuk mengubah formula. Aji menggabungkan komposisi pemain yang turun di babak pertama dengan yang di babak kedua. Hasilnya, Samsul Arif mampu membawa Persebaya mengejar ketertinggalan lewat titik putih.

Rendi Irwan dikawal ketat pergerakannya oleh salah satu pemain tim PON Jatim. (Persebaya)

Aji Santoso memilih untuk memahami kondisi tim saat meraih hasil imbang. Ia sadar bahwa timnya adalah tim muda. Banyak muka baru dan pemain muda yang menghiasi skuadnya. Oleh karena itu mereka masih membutuhkan waktu adaptasi.

"Internal game hari ini lawan PON menurut saya kita masih pertama kali uji coba. Begitu juga untuk pemain baru. Jadi wajar masih butuh peningkatan," ungkap Aji.

Eks kapten Persebaya tersebut percaya timnya masih bisa berkembang lebih baik lagi. Aji tidak percaya dengan hasil yang instan. Karena menurutnya untuk mempercayai tim muda tampil sebagai representasi klub kebanggaan arek-arek Suroboyo dibutuhkan ketekunan yang ekstra.

"Ini saya tadi juga menurunkan semua pemain. Karena saya ingin lihat dari semua pemain. Termasuk juga pemain trial. Saya yakin dengan prosesnya," tandas Aji.

Hasil imbang ini dapat dimengerti karena ini untuk pertama kalinya Persebaya menggelar uji coba setelah enam bulan vakum. Perlu diketahui, pada medio September tahun lalu, Persebaya juga pernah ditantang tim PON Jatim. Saat itu juga menjadi laga uji coba perdana Bajol Ijo menjelang extraordinary league. Dengan bantuan tiga pemain asing Makan Konate, Mahmoud Eid dan Aryn Williams, Persebaya "hanya" mampu menang dengan skor 5-3. (*)

 

BERITA LAINNYA