Arif Satria (tengah) bersama Rachmat Irianto dan Rizky Ridho di sela latihan bersama timnas proyeksi SEA Games 2021. Arif memilih bertahan di Persebaya musim 2021. (Dok PSSI)

Arif Satria Ingin Berbuat Lebih untuk Persebaya

Persebaya memiliki empat pemain timnas proyeksi SEA Games 2021. Rachmat Irianto, Arif Satria, Koko Ari Araya, dan Rizky Ridho. Keempatnya dipastikan membela Bajol Ijo musim ini.

Kecuali Arif, semua pemain timnas itu memiliki kontrak jangka panjang. Namun, tetap saja keputusan mereka untuk tetap membela Persebaya menuai simpati. Di tengah pandemi, nilai kontrak dan fasilitas yang mereka dapatkan turun. Seperti halnya yang terjadi di klub lain di Indonesia maupun luar negeri.

”Situasi sekarang kan lagi sulit. Saya bisa memahami. Insyallah saya tetap di Persebaya,” kata Arif.

Arif adalah bek tengah yang berasal dari Musi Rawas, Sumatera Selatan. Ia adalah pemain yang diorbitkan Aji Santoso. Mulai berkiprah di Liga 1 bersama Persela ketika masih dilatih Aji. Ketika Aji hijrah ke Persebaya, Arif diajak serta.

Setahun membela Persebaya, Arif moncer. Ia dipanggil timnas. Kini menjadi pilihan utama Pelatih Timnas Shin Tae-yong di posisi bek tengah.

”Musim lalu saya belum bisa berbuat banyak untuk Persebaya. Bertahan di Persebaya dalam situasi seperti ini adalah bentuk terima kasih saya,” bebernya. 

Memang, tahun lalu Arif hanya bermain dua kali di Liga 1. Lalu liga dihentikan karena pandemi. Sebelum itu, di Piala Gubernur Jatim, Arif turut membawa Bajol Ijo juara dengan mengalahkan Persija di Final.

Aji senang Arif bertahan. Dengan begitu, posisi bek tengah Persebaya akan solid. Punya dua pemain timnas, Arif dan Ridho. 

”Saya memang minta khusus pada Arif untuk bertahan. Saya jelaskan situasi lagi sulit. Alhamdulillah, ia memahami dengan kondisi sekarang ini,” ungkap Aji. (*) 

 

BERITA LAINNYA