David Da Silva menunggu giliran bermain pada salah satu sesi latihan Persebaya. (Persebaya)
Curahan Hati David Da Silva

Latihan Persebaya telah resmi diliburkan, dikarenakan ketidakpastian kelanjutan kompetisi. Banyak pemain memilih pulang kampung, termasuk David Da Silva. Legiun asing Persebaya tersebut menceritakan kegundahannya.

 

David, latihan Persebaya diliburkan sampai batas waktu yang belum ditentukan, bagaimana perasaanmu?

Saya jelas berharap hari ini bukan hari terakhir kita latihan bersama. Saya sebenarnya berharap kompetisi segera dimulai, karena saya ingin bermain. Itu alasan saya datang kembali ke Surabaya, bermain di kompetisi untuk Persebaya. Saya juga tidak mau liga ini berhenti karena kita sudah lebih dari enam bulan tanpa pertandingan.

Saya ingin bermain, tapi kita masih saja haru menunggu keputusan dari federasi dan yang lain.

 

Saat libur kamu berencana pulang?

Ya saya merindukan keluarga saya, jadi saya akan pulang. Karena musim ini berbeda dengan sebelumnya. Musim ini keluarga saya tidak ikut saya ke Indonesia, karena kondisi dan sebagainya. Oleh karena itu setiap ada kesempatan pulang seperti sekarang, saya usahakan untuk pulang. Saya juga sudah berbicara dengan pelatih, jika nanti memang liga kembali dimulai dan pelatih membutuhkan tenaga saya, saya pasti akan langsung kembali. Jujur ini untuk pertama kalinya saya pulang ke Brazil dengan perasaan tidak enak.

 

Apa maksudnya pulang dengan perasaan tidak enak?

Ya itu yang saya rasakan, saya tidak bisa menjelaskan banyak, tapi ini yang saya rasakan. Saya pemain profesional dan saya digaji untuk bermain bola, namun justru sekarang saya sama sekali belum bermain. Saya belum pernah menunggu selama ini tanpa bermain di kompetisi. Tapi saya juga rindu keluarga saya, jadi rasanya tidak karuan. Saya juga tidak bisa di sini terus-menerus tanpa bermain di kompetisi sedangkan keluarga saya berada di Brasil.

 

Apa rencanamu selama di Brasil nantinya?

Seperti pada awal masa pandemi, saya akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga saya. Karena saya rasa lebih aman jika seperti itu. Selain itu sebagai pemain profesional saya juga akan berlatih dengan pelatih pribadi saya di Brasil untuk menjaga kondisi.

Ya meskipun tidak latihan di lapangan, tapi saya pastikan untuk menjaga kondisi agar nanti saat liga dimulai saya sudah siap. Bagi saya ini bukan liburan, tapi hanya kesempatan untuk berada di dekat keluarga dengan tentu tetap melakukan pekerjaan saya sebagai pemain profesional. Selain itu dengan menghabiskan waktu bersama keluarga juga bisa membantu saya untuk mengembalikan kondisi psikis agar lebih segar saat kembali berlatih nanti.

 

Apa harapanmu untuk ke depan?

Yang pasti saya berharap liga segera bisa dimulai. Paling tidak harus segera diumumkan. Karena kita juga harus mempersiapkan diri, mempersiapkan tim dan semuanya. Jadi kita bisa memberikan yang terbaik untuk klub, tim dan suporter yang setia mendukung kita.

Jujur saya sedih sekali dengan kondisi sekarang, tapi saya berharap kita bisa kembali bergembira dengan dimulainya liga nantinya.

 

Apa ada pesan untuk pemain Persebaya lainnya?

Saya berharap mereka selalu diberikan kesehatan. Saya juga titip salam untuk keluarga mereka, karena saya tahu di saat-saat seperti sekarang dukungan keluarga sangat dibutuhkan. Ini saat yang baik untuk mengistirahatkan pikiran dan mental. Nanti saat kita kembali berkumpul kita bisa jauh lebih baik kondisinya daripada sekarang. (*)

 

BERITA LAINNYA