Striker Wahyu Agung Drajat Mulyono (9) dan dua rekan lainnya kembali memperkuat Persebaya U-16 pada Babak 8 Besar Elite Pro Academy U-16 2019.

Enam Pemain Persebaya Ikuti Seleksi Garuda Select III

Enam pemain muda Persebaya dipanggil mengikuti seleksi Garuda Select III. Yakni proyek PSSI dengan pihak ketiga, menjaring talenta-talenta muda untuk dikirim dan digembleng beberapa bulan di daratan Eropa. Keenam pemain tersebut merupakan produk klub internal Persebaya. Mereka sebelum ini, tergabung dalam skuad Elit Pro Academy (EPA) Persebaya U-16.  

Keenam pemain tersebut yakni Wahyu Agung Drajat (PS Anak Bangsa), I Gusti Aditya Juli Antara (PS Anak Bangsa), I Gusti Made Rendy Sanjaya Putra (PS Semut Hitam), M Zaki Satriya (PS Bintang Timur), Arizal Danilo (PS Indonesia Muda) dan Fernando Pamungkas (PS Sakti). Nama Wahyu Agung Drajat kemarin sempat ikut TC di Timnas U-16 tahap pertama. Sedang Fernando Pamungkas, tahun lalu sudah bergabung dalam tim Garuda Select II. “Untuk lima pemain mereka dipanggil lewat jalur Persebaya. Untuk Fernando dari Askot PSSI (Surabaya). Tetapi tidak ada masalah. Semua pemain klub internal kita (Persebaya),” terang Saleh Hanifah, direktur amatir Persebaya. 

 Para pemain ini akan menjalani seleksi pada 31 Oktober – 4 November di Alana Hotel Sentul Bogor. Mereka harus berebut dengan puluhan pemain muda lain dari seluruh Indonesia. Nantinya, akan dipilih 29 pemain yang diboyong ke Inggris. Keberangkatan ke negeri Ratu Elizabeth ini direncanakan paling lambat, awal 2021 mendatang. “Semoga semua bisa lolos. Bisa berlatih di Eropa,” sambung Saleh. 

Dari dua kali proyek Garuda Select yang sudah berjalan, Persebaya memang selalu mengirimkan wakil. Sebelumnya, tiga nama yang masuk dalam program Garuda Select II yakni Fernando Pamungkas, Vito Rendy Candra Ananda dan M Iqbal Pratama. 

Garuda Select merupakan ikhtiar PSSI untuk akselerasi tim demi target lolos ke Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2030. Proyek ini, kali pertama diluncurkan pada Januari 2019. Garuda Select I ini bermaterikan para pemain jebolan Timnas U-16. Ada tiga pemain Persebaya yang terjaring. Dan dikirim lima bulan di Inggris. Yakni M Supriadi, Ernando Ari Sutaryadi dan Bryan Aldama. Supriadi dan Ernando saat ini tergabung di tim senior Persebaya. Sedang Bryan melanjutkan petualangan di Eropa. “Ini bagian investasi kami. Semoga para pemain bisa memanfaatkan kesempatan ini. Dan, suatu saat mereka bisa menjadi tulang punggung Persebaya,” pungkas Saleh.

 

BERITA LAINNYA