Masker wajib dipergunakan ketika keluar rumah. Di dalam maupun di luar ruangan (Doc Polrestabes Surabaya)

Wani Pakai Masker, Wani Cuci Tangan, Wani Jaga Jarak

Gerakan Bonek Wani Lawan Covid-19  sudah dideklarasikan. Aksi ini mengedepankan peran serta masyarakat melalui kampanye Trisula Wani. Yakni Wani pakai masker, Wani cuci tangan, dan Wani jaga jarak.

Lewat  Persebaya dan Bonek, gerakan ini diharapkan menghasilkan energi berlipat ganda. Membesar hingga ke pelosok-pelosok kampung Surabaya. Semakin banyak yang bergerak semakin banyak juga masyarakat yang terbantu.  ”Saya tahu ini tidak gampang. Tetapi harus dikerjakan. Kita harus bahu membalikkan situasi ini. Kita tunjukkan kalau Bonek sudah berubah," kata Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Irsyansyah.  ”Ini yang kita harapkan, peran serta aktif dari Bonek sebagai bagian dari masyarakat untuk ikut mencegah penularan Covid-19, kita akan support seratus persen," tandasnya. 

Pangdam terus menggelorakan semangat agar Bonek turut berperan aktif. Turut memutus rantai penyebaran wabah corona. Menurutnya, jika berhasil membuat Kota Pahlawan kembali ke zona hijau, maka nama Bonek akan lebih terangkat. "Presiden Persebaya (Azrul Ananda, beberapa kali menyampaikan ke saya jika Bonek sudah bagus. Tapi saya belum puas. Bagusnya ini harus dibuktikan. Bisa tidak bagusnya Bonek ini membantu pemerintah membuat Surabaya kembali hijau. Kalau bisa, luar biasa," tegasnya, menantang.

Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran  menyampaikan keyakinan Persebaya dan Bonek akan mampu menuntaskan misi ini. Dari analisa yang dilakukan, ada tiga hal  yang dimiliki bonek untuk perang ini.

Pertama, Bonek miliki militansi. Ini menjadi alasan pemilihan Persebaya dan Bonek sebagai mitra untuk melawan Covid-19. Diharapkan dengan kekuatan Bonek di akar rumput dapat membantu dalam menegakkan protokol kesehatan. "Kedua dalam dunia olahraga, kalau ingin berprestasi harus bertindak. Nah ini waktunya untuk Bonek mengukir prestasi penegakan protokol kesehatan. Prestasi diluar dunia suporter. Di mulai dari diri sendiri, kelompok hingga masyarakat sejak saat ini," ujar lulusan Akpol 1991 ini.

Alasan ketiga adalah solidnya Bonek. Dan bermental juara. Menurut Fadil, Bonek memang dikenal solid dan tidak gampang menyerah. "Saya pikir jika Bonek diminta membuat Surabaya kembali zona hijau pasti akan dilakukan seperti saat membela Persebaya," jelasnya. (*)

 

 

BERITA LAINNYA