Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, dan Kapolres Surabaya berfoto bersama Presiden Persebaya dan perwakilan tribun dalam deklarasi Bonek Wani Lawan Covid-19 di kantor marketing Persebaya sore tadi (Persebaya)
BNPB, Pangdam, dan Kapolda Siap Dukung Penuh

Bonek Wani Lawan Covid-19

Hari ini menjadi hari bersejarah, untuk Persebaya dan Bonek. Secara resmi, Persebaya dan Bonek diminta oleh BNPB untuk ikut aktif mencegah penularan Covid-19. Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, dan Kapolres Surabaya juga hadir dalam deklarasi Bonek Wani Lawan Covid-19, juga siap membantu.

”Ini suatu kebanggaan bagi Persebaya dan Bonek yang dimintai tolong langsung oleh BNPB untuk aktif dalam gerakan melawan Covid-19,” ungkap Presiden klub Persebaya, Azrul Ananda. "Saya kira ini adalah yang pertama di dunia, suporter dan klub sepakbola diajak untuk memerangi pandemi," imbuhnya.

Militansi Bonek menjadi salah satu alasan pemilihan Persebaya dan Bonek sebagai mitra untuk melawan Covid-19. Diharapkan dengan kekuatan Bonek di akar rumput dapat membantu dalam menegakkan protokol kesehatan. 

Tnggapan  yang sama diungkapkan oleh Arif, salah satu perwakilan Bonek. Pria yang tergabung dalam Bonek Disaster Response Team ini mengaku timnya sudah aktif turun ke masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan gratis ke kampung dan rumah ibadah.

Dengan adanya kerja sama ini, Arif yakin bisa melipatgandakan peran serta elemen Bonek lainnya. Sehingga semakin banyak yang bergerak semakin banyak juga masyarakat yang terbantu.

Gayung pun bersambut. Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah menyatakan akan memberikan dukungan penuh untuk Bonek Wani Lawan Covid-19.

”Ini yang kita harapkan, peran serta aktif dari Bonek sebagai bagian dari masyarakat untuk ikut mencegah penularan Covid-19, kita akan support 100%,” kata Pangdam. ”Jika membutuhkan bantuan atau data bisa datang ke kodam atau koramil, tinggal tunjukkan identitas sebagai Bonek dan bilang keperluannya nanti kita bantu,” sambungnya. 

Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran dan Kapolres Surabaya Kombes Pol Jhonny Edison Isir mengemukakan pendapat yang sama. Dengan bergabungnya Bonek dan Persebaya makin banyak yang ikut terlibat dalam.

”Kawan-kawan Bonek ini memiliki jiwa militansi yang kuat apalagi ketika berbicara soal kemanusiaan. Saya mengapresiasi dan bangga bisa bekerja sama dengan kawan-kawan Persebaya dan Bonek,” terang Kapolres. (*)

 

 

BERITA LAINNYA