Kiper Persipura Jayapura Dede Sulaiman menggagalkan upaya penyerang sayap Persebaya Mahmoud Eid menyundul bola pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020. Persebaya harus mengakui ketangguhan Persipura dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo malam ini. (Persebaya)
Full-time Shopee Liga 1 2020: Persebaya 3-4 Persipura Jayapura
Persebaya Kalah di Kandang

Persebaya belum berhasil meraih kemenangan dalam Shopee Liga 1 2020. Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Bajol Ijo kalah 3-4. Sebelumnya, Persebaya ditahan 1-1 Persik juga di GBT.

Barisan depan, tengah, dan belakang Persebaya tampil di bawah performa terbaik. Peluang emas untuk unggul melalui titik putih dilewatkan David pada menit ketujuh. Barisan belakang pun mudah ditembus serangan balik Persipura hingga kemasukan empat gol.

Tiga gol tercipta di babak pertama. Satu gol Persebaya diciptakan David Aparecido da Silva. Sementara Persipura mencetak dua gol melalui brace Thiago Eduardo do Amaral.

Persebaya langsung menekan ke pertahanan Persipura begitu babak kedua dimulai. Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Persebaya malah bergetar untuk ketiga kalinya. Umpan dari Thiago diterima dengan apik oleh Muhammad Tahir. Ia sukses membuat bek muda Rizky Ridho Ramadhani tertinggal adu sprint. Tahir mengakhirinya dengan tembakan keras yang menghujam gawang Persebaya pada menit ke-52.

Tertinggal 1-3 dari Persipura pelatih Persebaya Aji Santoso melakukan perubahan. Ia menarik keluar David dan menggantikannya dengan Patrich Wanggai. Pemain bernomor punggung 27 ini lantas memberikan ancaman. Sayang tembakan kaki kirinya masih tepat ditangkap Dede Sulaiman, kiper Persipura.

Bajol Ijo nyaris kembali tertinggal melalui Ferinando Pahabol. Beruntung bola tembakan kerasnya usai membentur tiang gawang masih belum melewati garis. Persebaya masih tertinggal 1-3 dari Persipura hingga laga berjalan 70 menit.

Persebaya akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-74. Umpan jauh dari Makan Konate berhasil dituntaskan oleh Mahmoud Eid. Tembakan pemain asal Swedia itu tak bisa dijangkau kiper Persipura Dede. Persebaya 2, Persipura 3.

Gawang Persebaya kembali bergetar melalui serangan balik cepat Persipura. Adalah Pahabol yang membuat Persipura unggul 4-2 atas Persebaya di menit ke-88. Dua menit kemudian Persebaya mengubah papan skor menjadi 3-4 setelah Rendi Irwan sukses menceploskan bola umpan Hansamu. Sayang hingga laga usai Persebaya harus mengakui keunggulan Persipura dengan skor 3-4. (*)

BERITA LAINNYA