Striker Persebaya David Aparecido da Silva tengah melompat di atas hurdle pada sesi latihan di Stadion Gelora Delta kemarin sore. Persebaya terus mempersiapkan diri menantang Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3) mendatang. (Persebaya)
Hadapi Persija, Skuad Persebaya Harus Fokus
David Waspadai Trio Penyerang Persija

Duel klasik sepak bola Indonesia akan tersaji di pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Persebaya bakal menantang Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3) mendatang.

Ada tiga nama penggawa Persija yang mendapat perhatian serius David Aparecido da Silva. Ia menyebut nama trio penyerang Marko Simic, Riko Simanjuntak, dan rekrutan anyar Osvaldo Haay sebagai sosok berbahaya di kubu Persija. Pasalnya, ketiganya telah memberikan tiga poin ketika Persija menang 3-2 atas Borneo FC, (1/3) kemarin. Simic dan Osvaldo turut menyumbangkan masing-masing satu gol, sedangkan Riko menciptakan dua assist.

“Selain Simic, ada Riko, Osvaldo yang sebelumnya adalah rekan satu tim. Kami harus hati-hati dengan mereka. Tapi saya percaya dengan lini pertahanan kami. Dan saya percaya dengan tim saya. Kami harus fokus dan tidak membuat kesalahan. Dan harus bisa mengatasi permainan secepat mungkin,” tekad David da Silva.

Tak salah jika kemudian striker asal Brazil itu meminta rekan-rekannya untuk konsentrasi penuh dan fokus sepanjang 2x45 menit laga di stadion terbesar di Indonesia itu. Pemain berusia 30 tahun itu menegaskan Bajol Ijo datang ke Jakarta untuk membawa pulang tiga poin.

Ia juga menyebutkan laga tersebut tidak semata persaingan dirinya dengan Simic sebagai penyerang tajam di kompetisi sepakbola Indonesia. David da Silva sendiri mengemas 38 gol dari 41 pertandingan dengan kostum hijau-hijau. Di sisi lain, Simic membukukan 47 gol dari 63 laga bersama Persija.

“Dia penyerang berkualitas. Seorang finisher di depan gawang. Jago sundulan, dia pemain yang bagus. Saya pikir kami perlu waspada dengan ia. Karena Simic telah menunjukan kepada semuanya jika ia memiliki kemampuan,” puji David da Silva.

Sepanjang membela Green Force, David da Silva baru sekali turun melawan Persija di kompetisi resmi. Ia tidak mencetak gol. Namun umpannya mampu diselesaikan dengan apik oleh Osvaldo. Persebaya menang atas tim ibukota, 17 Desember 2019 lalu. Sementara itu, Simic sudah dua kali menjebol gawang Persebaya. Tetapi gol-golnya tidak mampu mempersembahkan poin penuh bagi Persija.

“Yang paling penting tentu hasil untuk tim. Apa yang bisa saya berikan. Tentu saya akan keluarkan seluruh kemampuan terbaik dengan maksimal. Saya akan lebih fokus jika ada kesempatan untuk mencetak gol atau memberi assist,” tandas striker berkepala plontos ini. (*)

BERITA LAINNYA