Skuad Persebaya merayakan gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo sore ini. Persebaya menjadi juara Piala Gubernur Jatim setelah menang 4-1 atas Persija Jakarta. (Persebaya)
Full-time Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya 4-1 Persija Jakarta
Juara!!!

Persebaya memastikan gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah memetik kemenangan 4-1 atas Persija Jakarta. Ini adalah gelar kedua Persebaya di turnamen yang sempat vakum lima tahun.

Skor 1-1 mewarnai babak pertama. Persebaya unggul lebih dulu pada menit ke-3 lewat kaki Oktafianus Fernando. Sementara gol penyeimbang bagi Persija dipersembahkan oleh Marko Simic di menit ke-43. Sebelumnya, Persija tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-31 lantaran Ryuji Utomo menerima kartu merah.

Kembali dari ruang ganti, Persebaya langsung menggeber serangan. Persebaya pun mengubah papan skor ketika laga sudah berjalan 52 menit. Adalah Makan Konate yang membuat kiper Shahar Ginanjar memungut bola dari gawangnya. Persebaya 2, Persija 1.

Tak lama kemudian, giliran Ricky Kambuaya nyaris memperbesar keunggulan Persebaya di menit ke-54. Sayang sontekannya masih bisa dihalau pemain belakang Persija tepat di garis gawang. Kendati begitu, ia sanggup mencatatkan namanya di papan skor satu menit kemudian setelah menerima umpan Irfan Jaya.

Memimpin 3-1 atas Persija tak membuat Persebaya mengendorkan serangan. Bajol Ijo melancarkan serangan cepat melalui David Aparecido da Silva tetapi belum bisa mengubah papan skor.

Pada menit ke-75, kiper Rivky Deython Mokodompit melakukan penyelamatan gemilang. Ia sukses menepis sundulan Simic yang mendapat umpan dari Marc Klok.

Persebaya semakin menjauh dari kejaran Persija setelah menambah pundi-pundi gol di menit ke-80. Kerjasama apik Irfan Jaya dengan Mahmoud Eid diselesaikan dengan apik oleh pemain asal Swedia tersebut. Ia melepaskan tembakan keras ke sudut sempit gawang Persija.

Persebaya pun memastikan gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah skor 4-1 tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan. Ini adalah gelar kedua Persebaya. Sebelumnya, Bajol Ijo menjadi juara pada gelaran tahun 2005 silam. (*)

BERITA LAINNYA