Makan Konate berlatih keras di tengah hujan deras dalam sesi Offical Training Persebaya jelang menghadapi Sabah FA di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi (Persebaya)
Jelang International Friendly Match Persebaya vs Sabah FA

Pemanasan Skuad Terbaik Persebaya

Persebaya akan menurunkan skuad terbaik saat menjamu Sabah FA besok malam di Stadion Gelora Bung Tomo. Berbeda dengan uji coba pertama melawan Persis Solo bulan lalu, Green Force bisa menurunkan empat legiun asing besok.

Karena itu, meski berlabel international friendly game, laga besok akan sangat menarik disaksikan. Kekuatan terbaik Persebaya musim ini untuk kali pertama ditampilkan di depan puluhan ribu Bonek.

"Pertandingan besok menurut saya bagus. Uji coba penting untuk terus memadukan tim,” kata Pelatih Persebaya Aji Santoso. “Apalagi, Persebaya akan melawan tim yang selevel," lanjutnya dalam sesi jumpa pers petang ini.

Uji coba besok juga akan menjadi momen bagi Aji untuk melihat bagaimana kemajuan timnya setelah menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta akhir bulan lalu. Bagaimana pula kombinasi legiun asing Aryn Glen Williams, Makan Konate, Mahmoud Eid, dan David Aparecido da Silva, mengangkat performa tim.

"Dari diskusi saya bersama tim pelatih, soliditas dan kekompakan seluruh pemain cukup bagus. Besok bisa kita saksikan dalam uji coba yang kompetitif,” papar Aji.

Menurutnya, untuk bisa menjadikan padu tidak berdasarkan berapa lama seorang bergabung bersama tim. Tetapi bagaimana ia secepat mungkin beradaptasi satu sama lain. Aji yakin para pemain Persebaya sudah saling memahami.

Para pemain asing memang baru bergabung belakangan. Baru lengkap awal bulan lalu.

"Konate sudah bisa mengirimkan (bola) kesukaan David termasuk Eid. Menurut saya para pemain asing berkomunikasi dua arah dengan cepat," ungkap Aji.

Mantan pelatih timnas Indonesia U-23 tersebut menekankan pada aspek pengkondisian pertandingan menjelang bergulirnya kompetisi ini. Aji menyebutkan persiapan Bajol Ijo sudah sesuai dengan program yang disusunnya. Ia menilai tim kebanggaan Bonek ini membutuhkan tiga hingga empat kali uji coba. Setelah lawan Sabah, akan tampil di ajang Piala Gubernur Jatim (PGJ).

"Memang sangat pendek jaraknya ke laga perdana PGJ, tetapi saya sampaikan ke pemain tetap fight dan hati-hati. Jangan sampai uji coba ini justru kami mengalami kerugian dengan pemain cedera atau yang lain," tutur Aji.

Sayang, dalam uji coba besok malam Persebaya belum dapat menurunkan empat pemain. Kiper Angga Saputra izin ada kegiatan di kesatuannya. Sedangkan Mountala Zoubairou Garba Daniel dan Oktafianus Fernando tengah menjalani pemulihan. Selain itu ada Hansamu Yama Pranata yang menjalani ibadah umroh. (*)

 

 

BERITA LAINNYA