Fullback muda Koko Ari Araya (depan) mencoba melindungi bola dari sergapan Mahmoud Eid pada sesi latihan Persebaya di lapangan Jenggolo Sidoarjo sore tadi. Latihan yang diguyur hujan tak menyurutkan skuad Persebaya melahap menu taktikal. (Persebaya)
Latihan Rutin Persebaya

Aji Asah Gaya Main Persebaya

Persebaya sore ini kembali berlatih di lapangan Jenggolo Sidoarjo. Memasuki hari kedua latihan pasca training camp, pelatih Persebaya Aji Santoso mulai memberikan menu taktikal. Penggawa Green Force dilatih untuk membangun serangan mulai dari barisan pertahanan.

Menu latihan build up sebenarnya sudah mulai diberikan sejak kemarin (28/1). Aji ingin para pemainnya memahami gaya permainan Persebaya yang mengandalkan umpan pendek cepat.

"Sudah dua hari ini kita memasuki taktik, sementara kita memperkenalkan pada pemain bagaimana build up dari belakang sampai ke depan dengan cara yang benar," ungkap pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Rencananya Aji masih akan mematangkan latihan build up ini untuk beberapa hari ke depan. "Tidak mungkin satu kali latihan langsung perfect, jadi latihan ini butuh dilakukan berulang-ulang. Nanti tidak hanya menyerang, namun juga bertahan dan transisi akan disempurnakan karena kita masih ada waktu," imbuhnya.

Pelatih yang pernah menukangi Persebaya era IPL ini juga mengagendakan uji coba internal guna mengukur progres latihan. Uji coba tersebut akan digelar sebelum Rendi dkk meladeni Sabah FA di laga persahabatan 8 Februari.

"Rencananya nanti tanggal 31 Januari kita akan adakan uji coba internal, tapi tidak terbuka untuk umum biar anak-anak fokus dulu. Untuk uji coba terbukanya sudah pasti tanggal delapan lawan Sabah," terang Aji.

Sementara itu, Zoubairou Garba sudah hadir dalam sesi latihan sore tadi. Meski hadir namun Zoubairou masih harus berlatih terpisah. Sebelumnya pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut mengalami cedera hamstring saat Persebaya menyelenggarakan training camp di Yogyakarta. (*)

BERITA LAINNYA