Pemain bertahan Persebaya, Zoubairou Garba berduel dengan Supriadi dalam latihan Persebaya yang berlangsung di lapangan YIS sore tadi (Persebaya)
TC Persebaya Hari Ketujuh di Yogyakarta
Mulai Benahi Organisasi Pertahanan

Pemusatan latihan (TC) Persebaya di Yogyakarta telah memasuki hari ketujuh. Para pemain Persebaya mulai melahap porsi latihan taktikal. Pelatih Persebaya Aji Santoso memoles lini pertahanan di lapangan Sepakbola Yogyakarta Independen School (YIS), sore tadi.

Para penggawa Persebaya telah berlatih sejak Rabu sore (15/1) dan sempat libur pada (19/1) lalu. Pada hari pertama, para pemain diberikan menu conditioning. Di hari kedua, Rendi Irwan dkk menjalani control test yang didalamnya ada bleep test. Di hari ketiga hingga keenam, penggawa Bajol Ijo diberi latihan fisik untuk memulihkan kebugaran ke kondisi top. Dengan diselingi materi small game untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi pemain.

Pada latihan tadi, soal organisasi pertahanan menjadi sorotan pembenahan. Setelah melakukan pemanasan, Aji lantas membagi tim menjadi dua. Satu tim memakai rompi oranye, tim lainnya tak berompi. Laga ini berakhir dengan skor 2-2. Mahmoud Eid terlihat menonjol dalam pertandingan yang berlangsung 30 menit ini. Ia mencetak dua gol untuk tim tak berompi.

“Ini tadi sudah memulai dengan organisasi taktikal dengan flat back four. Pemain sebenarnya sudah memahami konsep empat bek, tapi pada TC ini menekankan pemahaman lebih banyak pada konsep empat bek. Selain itu konsep pertahanan ini juga kami latih kepada pemain selain yang di posisi bek karena ini terkait satu sama lain,” ungkap Aji setelah latihan.

“Besok akan kami ulangi. Kemudian setelah program ini, baru memoles lini tengah terus depan. Setelah itu baru seluruh komponen tim, taktik maupun strategi,” imbuh sosok yang meraih gelar juara Liga Indonesia bersama Persebaya pada 1997 silam ini.

Aji menuturkan sesi latihan sore ini berjalan lancar karena kualitas lapangan YIS cukup bagus. Sebelumnya, tim asal Kota Pahlawan ini berlatih di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Namun karena siang hari diguyur hujan, lapangan sempat tergenang air.

“Environment lapangan YIS sangat mendukung, selain karena luasnya, banyak pepohonan. Suasananya hijau. Jadi terlihat lebih asri. Sebenarnya sama (kualitas) lapangan YIS dengan Stadion UNY. Tetapi tadi hujan, jadi tidak bisa dipakai lapangannya,” tutur Aji. (*)

 

 

 

BERITA LAINNYA