Selebrasi gol Supriadi pada laga final Elite Pro U-20 yang berakhir dengan kemenangan untuk Persebaya, Supriadi sendiri dipastikan tergabung dalam skuad Persebaya di musim 2020 (Persebaya)
Update Skuad Pemain Persebaya, Enam Pemain U-20 Promosi ke Tim Senior
Supriadi dkk Dipercaya untuk Terus Bela Tim Senior

Persebaya akan terus melanjutkan ”tradisi” mengorbitkan pemain muda binaan di tim senior. Jika tahun lalu ada empat pemain junior, tahun ini ada enam.

Koko Ari Araya (belakang), Muhammad Kemaluddin (gelandang), Zulfikar Akhmad Medianar Arifin (gelandang), dan Muhammad Supriadi (penyerang) sudah membela Persebaya musim lalu. Mereka sudah bersama Persebaya sejak 2018 di tim U-19. Tahun lalu, selain masuk dalam skuad tim senior, mereka juga turut mengantarkan Persebaya juara Elite Pro Academy U-20. 

Selain empat nama itu, tahun ini akan ada dua tambahan pemain yang dinaikkan ke tim senior dari tim U-20. Yaitu Ernando Ari Sutaryadi (kiper) dan Rizky Ridho (belakang). 

Presiden klub Persebaya Azrul Ananda bersama Koko Ari Araya, Muhammad Kemaluddin, Zulfikar Akhmad Medianar Arifin saat menjalani debut pada laga uji coba melawan Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), 11 Mei 2019 lalu. Ketiganya akan memperkuat Persebaya di musim 2020. (Persebaya)

Dari enam nama tersebut, tiga diantaranya membela timnas Indonesia U-18. Mereka adalah Ernando, Rizky, dan Supriadi. Keberadaan mereka di tim senior bisa mempercepat perjalanan karir mereka. Baik di Persebaya maupun timnas senior.

”Persebaya punya banyak talenta muda, tentu saja itu harus dimaksimalkan,” kata Aji Santoso, pelatih kepala Persebaya. ”Saya sudah mengamati penampilan mereka, punya potensi yang sangat besar. Supriadi misalnya, dia pemain yang pintar dan punya skill,” lanjutnya.

Aji menegaskan, para pemain dari tim U-20 memiliki bakat yang bagus. Karena itu, dia tidak segan untuk memberi kepercayaan mereka nantinya. Baik di Liga 1, Piala Presiden, Piala Indonesia, maupun Asean Club Championship.

Dan hal itu sudah dibuktikan Aji musim ini. Koko beberapa kali diberi kepercayaan untuk main. Salah satunya saat Persebaya menang 2-1 atas Persija Jakarta di Gelora Bung Karno. Meski pertandingan sangat ketat dan sarat emosi, Aji tetap berani menurunkan Koko. Hasilnya, dia berhasil menggantikan peran Abu Rizal Maulana di posisi bek kanan dengan sangat baik.

Kontrak Rian sampai 2021

Bek muda Rachmat Irianto dipastikan akan tetap bersama Persebaya hingga musim 2021. (Persebaya)

Selain pemain-pemain muda di atas, Persebaya juga akan tetap diperkuat pemain muda hebat lainnya. Yaitu Rachmat Irianto. Pemain timnas di SEA Games 2019 itu memiliki kontrak bersama Persebaya sampai 2021.

Sepanjang musim 2019, meski sering absen karena agenda timnas, Rian tampil apik bersama Persebaya. Dia bisa bermain dalam beberapa posisi. Stopper, gelandang bertahan, sampai bek kiri. Penampilan apik Rian itu pula yang membuat Aji mempercayainya menjadi kapten tim saat Persebaya mengalahkan Persija di Gelora Bung Karno. (*)

BERITA LAINNYA