Bek kiri Ruben Karel Sanadi mencoba lepas dari kejaran gelandang Zulfikar Akhmad Medianar Arifin pada sesi latihan Persebaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo sore tadi. Persebaya terus mempersiapkan diri jelang menghadapi Persipura Jayapura. (Persebaya)
Persiapan Laga Lawan Persipura

Pertahanan Jadi Salah Satu Fokus Utama

Empat hari menjelang lawan Persipura, Persebaya terus memantapkan persiapan. Bertempat di Gelora Delta Sidoarjo, penggawa Green Force digembleng latihan strategi permainan. Salah satunya mencoba berbagai macam skema bertahan.

"Tadi saya berikan materi mengantisipasi bola set piece, baik dari tendangan bebas maupun tendangan sudut, ini salah satu fokus utama saya," ungkap Aji.

Kekhawatiran Aji jelas beralasan. Dari dua pertandingan terakhir timnya harus kebobolan empat gol. Tiga diantaranya dicetak lawan leman skema bola mati.

Salah satunya adalah gol terakhir yang bersarang di gawang Miswar Syahputra. Mantan pemain Persebaya, Amido Balde mencetak gol lewat skema tendangan sudut.

Pelatih yang berposisi sebagai full back semasa jadi pemain tersebut ingin pemain-pemainnya lebih fokus saat ditekan lawan. "Saat bertahan pemain harus punya inisiatif dan berani duel karena jika lengah sedikit, selesai," terang Aji. "Seperti kemarin saat lawan PSM, saya lihat David sudah berani duel, tapi memang pemain lawan jauh lebih tinggi," imbuhnya.

Jelang laga lawan Mutiara Hitam, Aji masih dipusingkan dengan absennya beberapa pemain. Dari empat pemain yang dipastikan absen, semuanya bertipikal bertahan. Otavio Dutra dan Novan Setya berposisi sebagai bek tengah dan full back. Ditambah double pivot Persebaya, Aryn Williams dan Muhammad Hidayat. Rencananya Aji akan mengikutsertakan pemain U-20 untuk melawat ke Tenggarong, venue pertandingan melawan Persipura. (*)

BERITA LAINNYA