Misbakus Solikin dan Abu Rizal Maulana berlatih sprint pendek sebagai penutup latihan hari ini. Kedua pemain kemungkinan besar akan diturunkan saat melawan Persipura, karena banyaknya pemain yang absen. (Persebaya)
Persiapan Jelang Lawan Persipura
Persebaya Waspadai Comeback Persipura

Persiapan Persebaya memasuki hari kedua. Jelang matchday ke-28 Shopee Liga 1 2019 melawan Persipura Jayapura pada 24 November nanti. Penggawa Green Force mulai diberikan menu taktik dan strategi dalam latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo sore tadi. 

Pelatih Persebaya Aji Santoso memantapkan strategi permainan lewat latihan mini game. Ruben Sanadi dkk digembleng berbagi pola yang dipersiapkan Aji.

Aji menegaskan, Persipura adalah lawan yang kuat. Mereka menduduki peringkat kedua klasemen sementara. Sedangkan Persebaya masih ada di peringkat kesepuluh.

Bahwa dalam laga terakhir Persipura dikalahkan PSM Makassar 0-4, hal itu tidak boleh membuat Persebaya lengah. ”Saya lihat kemarin waktu Persipura dikalahkan PSM, kita juga sudah punya catatan untuk itu,” kata Aji.

Menurut mantan pelatih timnas Indonesia tersebut, dirinya ingin pemainnya lebih fokus untuk merebut poin.  Tidak boleh meremehkan Persipura meski mereka baru saja kalah besar. ”Yang penting anak-anak harus tampil maksimal. Meski untuk mendapatkan poin tidak mudah,” imbuhnya.

Sosok yang mengantarkan Persebaya juara Liga Indonesia 1997 bahkan mewanti-wanti pemainnya untuk lebih waspada. Sebab, Mutiara Hitam dengan pemain-pemain sarat pengalaman seperti Boaz Solossa dan Titus Bonai, punya potensi untuk ”mengamuk” setelah hasil negatif.

Ditambah Persebaya lagi-lagi harus ditinggal banyak pemain. Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Otavio Dutra, dan Novan Setya harus absen akibat akumulasi kartu. Sedangkan kondisi Oktafianus Fernando dan Irfan Jaya juga masih meragukan. Ofan masih berlatih terpisah dan Irfan absen latihan hari ini karena demam. 

Aji menyiasati kondisi tersebut dengan mempersiapkan pemain mudanya untuk melengkapi skuad yang akan diberangkatkan ke Kalimantan. Pelatih yang mengantar Persebaya juara musim 1997 tersebut mengajak Ernando dan Rizky Ridho untuk bergabung latihan. Kedua pemain tersebut ikut membantu Persebaya U-20 meraih gelar juara Liga 1 U-20.

Persebaya masih akan mematangkan persiapan hingga tanggal 21 November. Sebelum bertolak ke Tenggarong pada tanggal 22 November. (*)

BERITA LAINNYA