Aksi penyerang Persebaya Putri Dianita Ajeng Astiwi (21) saat menghadapi Persipura Jayapura beberapa waktu lalu. Dianita menyumbangkan satu gol saat Persebaya Putri takluk 1-3 atas Persipura di Stadion Cendrawasih, Biak sore tadi. (Persebaya)
Liga 1 Putri 2019: Persebaya 1-3 Persipura Jayapura
Rentetan Kemenangan Persebaya Putri Terhenti

Rentetan kemenangan Persebaya harus berakhir seiring laga terakhir seri tiga Liga 1 Putri 2019. Women in Green takluk 3-1 dari tuan rumah Persipura Jayapura di Stadion Cendrawasih, Biak, sore tadi.

Persebaya yang tampil impresif di tiga laga sebelumnya bermain dengan kepercayaan diri penuh dari menit awal. Kendati demikian, Lilla Puspita dkk harus kebobolan ketika laga berjalan 37 menit. Gelandang Persipura Rulin Aspalek membuat Dayinta Tiara, kiper Persebaya, harus memungut bola dari gawangnya. Skor 1-0 untuk Persipura bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persebaya tampil lebih semangat. Hingga akhirnya mampu menyamakan keadaan lewat gol dari Dianita Ajeng pada menit ke-65. Namun empat menit kemudian, Persipura berhasil mengubah kedudukan kembali melalui Emmy Clarce Falentina Awes. Tak lama berselang Persebaya harus bermain dengan 10 pemain setelah striker Nablilah Fitriyah mendapat kartu kuning kedua karena dianggap melakukan handsball.

Meski kalah jumlah pemain, Persebaya tak menyerah. Mereka terus berupaya memberikan tekanan ke pertahanan Persipura. Sayang, gawang yang dikawal Dayinta Tiara kembali bergetar pada menit ke-80. Penyerang Akudiana Tebay membawa Persipura unggul 3-1 atas Persebaya hingga peluit panjang berbunyi.

Pelatih Persebaya Putri Ridwan Anwar menyatakan laga sore tadi berjalan seru. Menurutnya pemain-pemain Persebaya mampu memberikan perlawanan ke gawang Persipura. “Sayang sempat miskomunikasi di lini belakang. Hingga lawan bisa memanfaatkannya untuk unggul hingga babak pertama,” katanya.

“Pada babak kedua, kami perbaiki kesalahan yang terjadi pada babak pertama. Anak-anak pun bisa melakukan serangkaian serangan hingga bisa menyamakan kedudukan. Tetapi situasi kembali berubah hingga kami harus takluk,” imbuh arsitek HBS, klub internal Persebaya itu.

Raihan ini membuat Persebaya sementara berada di posisi keempat klasemen sementara grup B dengan sembilan poin. Sementara di posisi pertama masih diisi oleh tuan rumah Persipura dengan raihan 31 poin. Kemudian disusul Arema FC dan Bali United yang masing-masing mengantongi 22 dan 15 poin. (*)

 

 

BERITA LAINNYA