Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal resmi mengundurkan diri dari posisinya mulai hari ini (30/10). Manajemen Persebaya secepatnya akan mengumumkan pelatih pengganti. (Persebaya)

Pikal Mundur dari Persebaya

Kebersamaan Persebaya dengan Wolfgang Pikal berakhir hari ini. Pelatih asal Austria itu mengundurkan diri dari posisi pelatih kepala. Menyusul kekalahan Persebaya dari PSS Sleman 2-3 di Stadion Gelora Bung Tomo.

”Terima kasih untuk Persebaya, manajemen dan pelatih. Hari ini tanggal 30 Oktober, saya mundur sebagai pelatih kepala Persebaya,” kata Pikal. ”Ini adalah risiko sebagai pelatih kepala,” imbuhnya.

Pikal sudah bergabung Persebaya pada laga melawan Bhayangkara FC pada 31 Agustus lalu. Menggantikan Djadjang Nurdjaman yang diberhentikan pada beberapa pertandingan sebelumnya.

Pikal pada awalnya diplot sebagai asisten pelatih Alfred Riedl. Namun, karena Riedl harus menjalani operasi bypass, maka Pikal diangkat menjadi pelatih kepala.

Di masa awal Pikal menjadi pelatih, hasil yang diraih Bajol Ijo terbilang bagus. Dalam away ke Kalteng Putra Ruben Sanadi dkk meraih satu poin. Lalu, di kandang PSIS Semarang Bajol Ijo menang besar 4-0.

Menjamu pemuncak klasemen sementara Bali United di GBT, Persebaya seri 1-1. Saat itu, Bali United baru menyamakan kedudukan pada penghujung laga melalui tendangan bebas.

Setelah laga itu, performa Persebaya menurun. Tidak menang dalam lima pertandingan, seri dua kali dan kalah tiga kali. Tren penurunan performa Persebaya itu mayoritas terjadi ketika Pikal duduk di bench. Sebagai catatan, Pikal kali pertama di bench sejak pertandingan melawan Borneo FC, atau dalam tiga pertandingan terakhir. Sebelumnya, meski sudah menjadi pelatih kepala, Pikal tidak bisa di bench karena belum disahkan PT LIB selaku operator liga.

”Harapan saya ke depan, Persebaya bisa maju lagi, bangkit lagi, prestasi lagi, karena klub ini luar biasa, manajemen luar biasa. All the best untuk Persebaya,” tutupnya.

Manajer Persebaya Candra Wahyudi mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras Pikal selama di Persebaya.

”Dalam waktu secepatnya kami akan mengumumkan siapa pelatih kepala pengganti Coach Pikal,” katanya. (*)

BERITA LAINNYA