Gelandang Persebaya U-17 Muhammad Syarfan Andriyansyah (depan) berusaha lepas dari kejaran pemain Persikoba Batu pada laga terakhir babak 18 besar Piala Soeratin U-17 2019 Jawa Timur. Satu gol darinya memastikan Bajol Ijo Cilik melaju ke babak 8 besar tanpa tersentuh kekalahan. (Komunitas Fotografi Bonek/Dutchi Yosia)
Piala Soeratin U-17 2019 Jawa Timur: Persikoba Batu 0-1 Persebaya
Tetap Serius, Bajol Ijo Cilik Sempurna

Persebaya U-17 melaju ke babak 8 besar Piala Soeratin U-17 2019 Jawa Timur dengan poin sempurna. Tetap menurunkan kekuatan utama saat melakoni laga terakhir babak 18 besar, Rully Arya Ibrahim dkk memetik kemenangan 1-0 atas Persikoba Batu U-17 di Lapangan Brigif-2 Marinir, Sidoarjo sore tadi.

Enam poin diraih Persebaya U-17 dari dua laga babak 18 besar Grup J. Sebelumnya mereka menang tiga gol tanpa balas dengan Persepon Ponorogo U-17, (21/10) kemarin. Alhasil, Bajol Ijo Cilik pun hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengunci status juara grup.

Namun arsitek Persebaya U-17 Seger Sutrisno memilih mempertahankan 11 pemain terbaiknya. Ia berpesan ke pemain untuk tetap berikan yang terbaik di pertandingan terakhir sore tadi. Skuad Persebaya U-17 lantas memperlihatkan performa luar biasa. Sepanjang 40 menit pertama, mereka menguasai jalannya permainan. Sayang tidak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua, Persebaya U-17 tidak mengubah gaya bermainnya. Mereka tetap menguasai permainan dan terus menekan pertahanan Persikoba U-17. Hingga akhirnya serangan balik cepat membawa Persebaya U-17 memimpin pada menit ke-52. Sontekan dari Muhammad Syarfan Andriyansyah sukses menjebol gawang Persikoba U-17 yang dikawal Muhammad Hisyam Alwandi. Ini adalah satu-satunya gol yang tercipta pada laga tadi.

Seger Sutrisno mengungkapkan terima kasih kepada semua pemain yang telah berjuang maksimal dalam pertandingan terakhir tersebut. Menurutnya banyak pelajaran yang bisa diambil untuk dijadikan pengalaman berharga menyambut babak 8 besar.

“Alhamdulillah, saya ingin berterima kasih kepada semua pemain Persebaya. Mereka bermain begitu serius, untuk nama Persebaya, dan hasilnya bagus. Selama ini para pemain bekerja keras dan serius, dan saya berterima kasih untuk penampilan mereka,” kata Seger setelah pertandingan.

Persebaya U-17 kini menanti lawan yang akan dihadapi pada babak 8 besar. Mulai dari babak 8 besar, semi final, dan final menggunakan sistem single match. (*)

BERITA LAINNYA