Irfan Jaya unjuk aksi pada sesi latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim sore tadi. Persebaya mempersiapkan diri jelang menghadapi Persela Lamongan pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, (23/10) lusa. (Persebaya)
Persebaya Siapkan Diri Jelang Lawan Persela

Recovery Fisik dan Mental

Persebaya tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri menuju laga berikutnya, setelah kalah 4-1 saat melawan Persib, Jumat (18/10). Green Force sudah ditunggu Persela di Stadion Surajaya, Rabu lusa. Sore tadi, Persebaya menggelar latihan di Lapangan Polda Jatim untuk menyongsong laga tersebut.

Latihan tadi sore dipimpin Wolfgang Pikal. Belum menyentuh aspek tactical atau strategi permainan. Latihan Rendi Irwan dkk difokuskan untuk pengembalian kondisi pemain dan sedikit mengasah penyelesaian akhir.

"Hari ini kita fokus recovery dulu karena kita hanya punya waktu 3 hari persiapan," terang Pikal.

Persiapan jelang lawan Persela sendiri terganggu oleh kemungkinan absennya beberapa pemain. Otavio Dutra, Misbakus Solikin, dan Ruben Sanadi, kemungkinan besar tidak dapat diturunkan akibat cedera. Ditambah David da Silva yang mengalami masalah di pinggangnya dan harus latihan terpisah.

Selain itu Diogo Campos dipastikan tidak bisa turun di Surajaya karena pada laga terakhir dirinya mendapatkan dua kartu kuning. Belum lagi Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto yang masih bergabung di Timnas U-22.

Penyerang Persebaya David Aparecido da Silva fokus menjalani sesi latihan di Lapangan Polda Jatim sore tadi jelang menghadapi Persela Lamongan, (23/10) lusa. (Persebaya)

Menanggapi kondisi tersebut, pelatih asal Austria tersebut juga ingin mengembalikan kondisi mental pemain lewat meeting kecil setelah latihan. "Tadi kita juga duduk bersama dan sharing yang tujuannya agar tim Persebaya jadi lebih baik lagi," sambung Pikal.

Mantan asisten pelatih timnas Indonesia tersebut ingin anak asuhnya lebih percaya diri lagi dan percaya kepada pelatih beserta rekan setimnya di pertandingan selanjutnya. "Kita akan berusaha keras untuk menang di Lamongan, jadi saya tekankan agar mereka lebih percaya diri, lakukan instruksi pelatih, disiplin posisi dan percaya pada teman satu tim," ungkap Pikal.

Sementara itu, jarak Lamongan yang relatif tidak jauh dari Surabaya sedikit mempermudah Persebaya. Mereka rencananya baru akan bertolak ke Lamongan besok. Bajol Ijo akan melakukan persiapan terakhir saat official training di stadion Surajaya. (*)

BERITA LAINNYA