Proses jual beli merchandise di Persebaya Store sebagai wujud nyata menuju klub profesional. Hal ini membuat Persebaya berhasilnya mengantongi Club Licensing dari Federasi Sepakbola Asia (AFC). (Persebaya)
Persebaya Berhasil Dapatkan Lisensi Club AFC

Kiprah Persebaya sebagai klub profesional mendapat pengakuan dari Federasi Sepakbola Asia (AFC). Ini seiring dengan keberhasilan Persebaya meraih Club Licensing AFC 2019. Kepastian ini seperti yang tertuang dalam rilis PSSI di situs resminya.

Dalam surat tersebut, Persebaya bersama lima klub lainnya diputuskan lolos oleh Club Licensing Committee PSSI dengan status granted, lolos tanpa syarat. Lima klub lainnya yakni Persib Bandung, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Persija Jakarta dan Arema FC. Tahun lalu, jumlah klub yang lolos hanya tiga tim.

Tahun ini, ada 16 klub Liga 1 yang berpartisipasi dalam Club Licensing. Keputusan Club Licensing terbagi dalam tiga kategori yakni granted, granted with sanction dan rejected. Bali United FC dan Bhayangkara FC mendapat granted with sanction. Sedang 8 klub lainnya gagal (rejected). Club Licensing ini menjadi syarat utama bagi tiap klub di Liga 1 untuk bisa berkiprah di kompetisi internasional yang diselenggarakan AFC.

Bagi Persebaya, pencapaian ini lompatan yang luar biasa. Tahun lalu, Persebaya gagal mengantongi Club Licensing. ”Ini memang menjadi pencapaian yang luar biasa. Terima kasih kepada teman-teman yang bekerja keras sehingga kita akhirnya bisa meraih licensing ini,” terang Candra Wahyudi, Direktur PT Persebaya Indonesia.

Stadion Gelora Bung Tomo kandang Persebaya yang didaftarkan dalam lisensi club AFC (Persebaya)

Ada lima aspek yang wajib dipenuhi setiap klub untuk bisa lolos licensing ini. Yakni sporting, infrastructure, personnel & administration, legal dan finance. Tiap aspek dinilai cukup ketat. Salah satunya bila tak terpenuhi dipastikan klub tak akan lolos.

”Kami belajar dari kegagalan tahun lalu. Kami juga berterima kasih pada teman-teman di Club Licensing PSSI, Mas Yulius Amos dkk. Sudi dan rela meluangkan waktu. Datang dan memberi pendampingan ke klub-klub. Kami sangat terbantu sekali,” terang Ram Surahman, Manajer Club Licensing Persebaya Surabaya.

Licensing Club ini dilakukan setiap tahun. Tahun depan, selain klub Liga 1, PSSI juga akan menyasar klub-klub Liga 2 untuk bisa mendapatkan lisensi nasional. (*)

 

BERITA LAINNYA