Elisa Basna mencoba melewati hadangan dari Imam Arief dalam latihan Persebaya yang berlangsung di Lapangan Polda sore tadi. Hari ini Persebaya menggelar latihan pagi sore sebagai persiapan menghadapi sisa pertandingan di Shopee Liga 1 2019 (Persebaya)
Persebaya Bersiap Ladeni Borneo FC

Banyak Pemain ke Timnas, Pikal Siapkan Opsi

Kekuatan Persebaya bakal tereduksi. Saat menghadapi Borneo FC pekan depan. Empat pemain penting bakal absen karena ada tugas tim nasional. Mulai timnas senior, U-22, sampai U-19.

Bek Hansamu Yama kini sudah berada di Dubai untuk menghadapi Uni Emirat Arab dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2020. Lalu ada Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay di timnas U-22. Mereka ikut pemusatan latihan proyeksi SEA Games 2019.

Meski pesta bangsa-bangsa Asia Tenggara itu masih lama, Valdo dan Rian sudah harus bergabung timnas U-22. Mereka akan mengikuti CFA Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football 2019 pada 9-11 Oktober.

M. Supriadi, winger andalan baru Persebaya, juga harus absen membela Persebaya. Dia akan membela timnas U-19 dalam kualifikasi Piala Asia U-19.

”Kehilangan banyak pemain tentu saja kurang ideal. Namun, kami harus memaksimalkan pemain yang ada,” kata pelatih Persebaya Wolfgang Pikal dalam sesi latihan sore hari tadi. ”Kami siap menghadapi Borneo FC. Kami persiapkan pemain yang ada sebaik mungkin,” tegas pelatih asal Austria itu.

Untuk memaksimalkan persiapan, Pikal memberikan dua sesi latihan hari ini. Pagi di Gelora Delta Sidoarjo, sore di Lapangan Polda Jatim. Dua sesi latihan itu difokuskan untuk menggembleng fisik para pemain setelah libur empat hari.

Hal itu dimungkinkan karena laga terdekat Persebaya melawan Borneo FC kemungkinan diselenggarakan pada 11 Oktober. Jadwal itu sudah disetujui PT LIB selaku operator liga, namun masih menunggu izin dari Polrestabes Surabaya.

”Pagi intensitasnya lebih tinggi ketimbang sore. Kami ingin maintenance dan meningkatkan fisik pemain, mumpung ada waktu. Karena minggu depan sudah harus turun soalnya masuk fase pertandingan,” tandas Pikal.

Meski banyak pemain absen, Persebaya memang tidak boleh patah semangat. Saat menang melawan Bhayangkara FC lalu, sejumlah pemain juga harus absen karena agenda timnas. Di antaranya Hansamu Yama, Ruben Sanadi, dan Irfan Jaya. Namun, Persebaya bisa menang 2-0 di kandang lawan.

Masuknya Aryn Williams dan Diogo Campos harus bisa dimaksimalkan Pikal untuk meraih poin penuh di kandang. Saat menjamu Bali United lalu, Persebaya sebenarnya berpeluang besar menang. Namun, karena banyak membuang peluang, bajol Ijo akhirnya ditahan seri 1-1 melalui gol Bali United di penghujung laga. (*)

 

 

BERITA LAINNYA