Gelandang Persebaya U-16 Bramdani (12) berebut bola dengan pemain Bhayangkara FC U-16 M. Bagus Teguh Tabrani di Stadion Sultan Agung, Bantul sore ini. Bajol Ijo Cilik takluk 0-1 dari Bhayangkara FC U-16 pada laga semifinal Elite Pro Academy U-16 2019. (Persebaya)
Elite Pro Academy U-16 Babak Semifinal: Persebaya 0-1 Bhayangkara FC
Langkah Bajol Ijo Cilik Terhenti di Semifinal

Persebaya U-16 harus mengubur mimpinya untuk menjuarai Elite Pro Academy U-16 2019. Tim asuhan Andrias Kastanja tersebut dikalahkan secara dramatis oleh Bhayangkara FC dengan skor tipis 0-1 siang tadi.

Laga yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, tersebut sejatinya berjalan cukup seru. Kedua tim menampilkan permainan terbuka. Namun, kokohnya pertahanan kedua kesebelasan membuat babak pertama berakhir imbang.

Babak kedua juga berjalan tak kalah seru. Syukran Arabia dkk sempat memiliki peluang emas di menit ke-50. Serangan balik cepat membuat 3 penyerang Persebaya berhadapan dengan satu pemain Bhayangkara FC. Sayang Wahyu Agung justru bergerak terlalu cepat sebelum menerima umpan dari Muhammad Akrom. Peluang Persebaya harus pupus karena jebakan offside.

Peluang terbaik Bajol Ijo Cilik kembali hadir di menit ke-59. Umpan Marselino Ferdinan berhasil menemui kepala Ilham Akbar. Sayang sundulannya masih tepat di pelukan penjaga gawang Bhayangkara FC, Garda Noriesca.

Asik menyerang, petaka justru hadir di injury time babak kedua. Berawal dari skema sepak pojok, Ferre Murari berhasil menerima umpan silang dan menceploskan bola ke gawang Persebaya. Skor 0-1 bertahan hingga wasit Axel Febrian meniupkan peluit panjang.

Meski gagal melaju ke babak final, Pelatih Persebaya U-16 Andrias Johannes Kastanja tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. "Menit akhir memang rawan terjadinya gol, karena disitu puncak lelah para pemain dan membuat konsentrasi menurun," ujar pelatih yang akrab disapa Yongki tersebut. "Tapi saya bangga dengan tim karena sudah berjuang hingga menit akhir dan memberikan yang terbaik, beginilah sepak bola ada menang ada kalah," sambungnya.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan musim lalu, pencapaian Persebaya U-16 musim ini sudah lebih baik. Pada Elite Pro Academy U-16 2018 Persebaya harus terhenti di babak 8 besar meski saat itu sempat berstatus sebagai tuan rumah.

Persebaya U-16 masih berpeluang mendapatkan "hadiah hiburan" dengan menjalani perebutan tempat ketiga yang rencananya diselenggarakan di hari Minggu. Kepastian lawan Bajol Ijo Cilik masih harus menanti hasil laga semifinal lainnya yang mempertemukan Tira-Persikabo dan Persija, sore ini. (*)

BERITA LAINNYA