Photo by: @bonekbasrat
Bonek Sambut The Jak di Stasiun Gubeng

RIVALITAS antar suporter pendukung tim berbeda itu sah-sah saja dan memang harus abadi untuk menjaga atmosfer kompetisi sepakbola. Namun, bukan rivalitas yang buta atau brutal, apalagi sampai berujung pada jatuhnya korban.

Hal itulah yang terus didengungkan dan ditunjukkan oleh Bonek. Seiring spirit untuk menjadi lebih baik, para pendukung Persebaya Surabaya ini terus menjalin kerukunan dan menyebarkan 'virus' perdamaian kepada suporter lain. Menuju ke rivalitas antarsuporter yang lebih sehat lagi.

Salah satu contohnya adalah dengan menyambut kedatangan ratusan The Jak (pendukung Persija Jakarta) yang tiba di Stasiun Gubeng, Minggu (20/8) sore tadi.

Sejak sore ratusan Bonek dari beberapa elemen komunitas sudah berkumpul. Selain menyambut dengan hangat, mereka juga ikut mengantar The Jak hingga ke jembatan Suramadu.

Rombongan The Jak,  rencananya akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Garam, untuk mendukung tim kesayangannya yang akan berlaga melawan tuan rumah Madura United, di stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Senin (21/8). Bahkan, kabarnya beberapa Bonek bakal turut serta menyaksikan pertandingan kedua tim kontestan Liga 1 tersebut. 

Beberapa anggota The Jak, bahkan mendapat tur singkat menikmati sudut kota Surabaya. Termasuk mengunjungi stadion legendaris, Gelora 10 Nopember. Selain berfoto-foto, mereka berkesempatan menyaksikan laga uji coba tim Persebaya meladeni Persebaya U-17 yang digelar sore tadi.

"Teman-teman The Jak ikut menyambut kami dengan baik, saat Bonek ngeluruk ibu kota beberapa waktu lalu. Tentu, kami berkewajiban menyambut mereka dengan baik pula. Walaupun mereka hanya transit sebentar di Surabaya," ujar Dadang Kosasih, salah satu pentolan Bonek ditemui Official Persebaya saat mendampingi rombongan The Jak di G10N.

Beberapa waktu lalu, ratusan Bonek juga melakukan penyambutan sekaligus ikut mengawal rombongan suporter Persela Lamongan yang hendak away ke Madura hingga di jembatan Suramadu. 

Sikap bersahabat juga telah ditunjukkan Bonek saat menjamu setiap suporter tim tamu yang bertandang di Gelora Bung Tomo dalam gelaran Liga 2. Pekan lalu, ribuan Brajamusti dan Maident (julukan suporter tim PSIM Jogjakarta) hadir di Surabaya dengan nyaman menyaksikan tim kesayangannya berlaga melawan Persebaya. Melalu medsos, Brajamusti dan Maident memberikan apresiasi mereka atas sambutan hangat yang ditunjukkan Bonek.

"Mewakili manajemen Persebaya, kami merasa salut dan bangga,  atas spirit positif yang ditunjukkan dulur-dulur Bonek. Ayo, bersama-sama kita berusaha menjadi suporter yang lebih baik dan baik lagi," ujar Roky Maghbal, Fans & Media Relations Manager Persebaya. (*)

BERITA LAINNYA