Penampilan stopper Otavio Dutra saat membela Persebaya melawan Bali United kemarin (24/9), membuatnya dipanggil timnas Indonesia kendati belum berstatus WNI. Dia bersama Hansamu Yama diminta untuk bergabung pemusatan latihan timnas senior pada 1-16 Oktober. (Persebaya)
Lagi, Naturalisasi Belum Beres, Dutra Dipanggil Timnas

Persebaya Kritik Pemanggilan Pemain Timnas Senior

Persebaya menyayangkan pemanggilan Otavio Dutra untuk pemusatan latihan timnas senior. Bukan tidak mau membantu timnas. Namun, karena proses naturalisasi Dutra yang belum tuntas. Dutra belum WNI!

Konyol saat ada pemain yang bukan WNI dipanggil timnas. ”PSSI tahu bahwa Dutra belum WNI, tapi kenapa masih dipanggil. Ini tentu merugikan Persebaya,” kata Candra Wahyudi, manajer tim Persebaya. ”Ini mengulang pemanggilan timnas pada akhir Agustus lalu. Ketika itu Dutra tidak bisa diturunkan timnas saat melawan Malaysia maupun Thailand, Persebaya pun tidak bisa menurunkan Dutra saat melawan Persija,” paparnya.

Padahal, dalam laga melawan Persija, Hansamu Yama dan Irfan Jaya juga dipanggil timnas senior. Lalu, Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay akumulasi kartu dalam laga itu. Total, Persebaya kehilangan lima pemain inti dalam laga pada 24 Agustus itu. Dengan begitu banyaknya pemain yang absen, Bajol Ijo tertahan 1-1 di kandang sendiri.

”Sangat disayangkan, Dutra sudah kami izinkan ke timnas, saat kami sangat membutuhkan tenaganya, ternyata di timnas dia tidak bisa dimainkan,” kecam Candra.

Karena itu, Persebaya meminta PSSI bijak dalam pemanggilan kali ini. Dalam surat bernomor: 3950/AGB/1344/IX-2019, Dutra bersama Hansamu diminta untuk bergabung pemusatan latihan timnas senior pada 1-16 Oktober.

”Sekali lagi Dutra belum resmi menjadi WNI, masih ada proses yang harus dijalani. Mohon PSSI bijak dalam memanggil pemain untuk timnas,” harap Candra.

Dutra adalah salah seorang pemain penting bagi Persebaya. Selalu menjadi starter di posisi bek tengah Persebaya. Meski bek, dia mempunya kemampuan yang bagus dalam memberikan umpan. Juga produktif mencetak gol. Saat melawan PSIS Semarang, Dutra mencetak gol pembuka Persebaya saat meraih kemenangan 4-0. (*)

BERITA LAINNYA