Stopper Persebaya Andri Muliadi (kiri) mencoba menghadang gelandang Ariel Sharon de Keyzer dari tim satelit PS Kota Pahlawan dalam sesi latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo sore tadi. Duet asisten pelatih Wolfgang Pikal-Bejo Sugiantoro memoles skema pertahanan Bajol Ijo. (Persebaya)
Jelang Laga Away di Kandang Kalteng Putra
Persebaya Poles Sektor Pertahanan

Duet asisten pelatih Wolfgang Pikal-Bejo Sugiantoro terus menggembleng skuat Persebaya jelang putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Empat hari menjelang laga ke-18 melawan Kalteng Putra pada Jumat nanti (13/9), tim pelatih fokus taktik dan strategi. Fisik, sudah dipoles beberapa hari terakhir.

Dalam sesi latihan di Gelora Delta Sidoarjo tadi sore, Rendi Irwan dkk fokus memperbaiki skema pertahanan. Baik dalam menghalau serangan lawan maupun build up serangan. Attack yang baik selalu berawal dari peran pemain-pemain lini belakang.

"Hari ini kita simulasi fase bertahan,” kata Pikal seusai pertandingan. ”Pertandingan semakin dekat, intentitas latihan taktik dan strategi ditingkatkan, sedangkan fisik diturunkan,” lanjutnya.

Persebaya mengakhiri putaran pertama di posisi kelima klasemen. Rendi Irwan dkk mengoleksi 25 poin dari 17 pertandingan. Raihan yang jauh lebih baik dari musim lalu. Baik dari segi peringkat maupun poin.

Dari 17 pertandingan, Persebaya total mengoleksi 26 gol. Sebaliknya, Bajol Ijo kemasukan 22 gol. Padahal, Miswar Saputra menjadi kiper dengan save terbanyak di liga, mencapai 55 penyelamatan.

”Pertahanan kita harus lebih baik lagi di putaran kedua,” ucap Pikal.

Setelah fokus pada pertahanan, besok rencananya Pikal bersama Bejo akan memoles sisi penyerangan. Dalam pertandingan terakhir, melawan Bhayangkara FC, Persebaya mencetak dua gol melalui David da Silva dan Oktafianus Fernando. Plus Osvaldo Haay di lini depan, Persebaya punya trisula maut yang sangat tajam.

Persebaya akan bertolak ke Palangkaraya untuk menghadapi Kalteng Putra Rabu nanti. Pemain-pemain yang tergabung timnas rencananya akan langsung bertolak ke sana.

”Apakah pemain timnas akan main lawan Kalteng? Kita lihat nanti bagaimana durasi mereka main di timnas, apakah memungkinkan atau tidak,” tutup Pikal. (*)

BERITA LAINNYA